Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas Keamanan dan Perdagangan, Menlu China Wang Yi Kunjungi Kamboja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 September 2021, 14:03 WIB
Bahas Keamanan dan Perdagangan, Menlu China Wang Yi Kunjungi Kamboja
Menteri Luar Negeri China Wang Yi/Net
rmol news logo Setelah mengunjungi Vietnam, Menteri Luar Negeri China Wang Yi melanjutkan perjalanannya ke Kamboja. Kunjungan ditujukan untuk membahas isu perdagangan hingga keamanan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kunjungan Wang ke Kamboja dimulai pada Minggu (12/9), hingga Senin (13/9). Ia dijadwalkan bertemu dengan Perdana Menteri Hun Sen, seperti dimuat The Independent.

China merupakan investor terbesar di Kamboja dan mitra politik terdekatnya.

Dukungan Beijing memungkinkan Kamboja untuk mengabaikan kekhawatiran Barat tentang catatan buruknya dalam hak asasi manusia dan politik.

Kamboja sendiri umumnya mendukung posisi geopolitik Beijing pada isu-isu seperti klaim teritorialnya di Laut Cina Selatan.

Dalam beberapa bulan terakhir, Amerika Serikat telah menyatakan keprihatinan tentang hubungan China dan Kamboja, serta mendesak para pemimpin Kamboja untuk mempertahankan kebijakan luar negeri yang independen dan seimbang yang akan menjadi kepentingan terbaik rakyatnya.

Kekhawatiran AS difokuskan pada pembangunan fasilitas baru China di Pangkalan Angkatan Laut Ream di Kamboja dan potensi militernya untuk memiliki hak pangkalan di masa depan di sana.

Ream menghadap Teluk Thailand yang terletak berdekatan dengan Laut Cina Selatan, dan memegang hak pangkalan di Kamboja akan memperluas profil militer strategis Beijing secara signifikan.

Wang Yi mengakhiri kunjungan ke negara tetangga Vietnam pada Sabtu (11/9). Selama di Vietnam, Wang mengatakan China berencana untuk menyumbangkan 3 juta dosis vaksin Covid-19. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA