Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang dan Vietnam Teken Kesepakatan Transfer Pertahanan, China Waswas?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 12 September 2021, 17:04 WIB
Jepang dan Vietnam Teken Kesepakatan Transfer Pertahanan, China Waswas?
Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi dan Menteri Pertahanan Vietnam Phan Van Giang, resmi menandatangani kesepakatan transfer pertahanan/AP
rmol news logo Jepang dan Vietnam semakin erat dalam hubungan pertahanan. Kedua negara, yang diwakili oleh Menteri Pertahanan Jepang Nobuo Kishi dan Menteri Pertahanan Vietnam Phan Van Giang, resmi menandatangani kesepakatan transfer pertahanan pada Sabtu (11/9) di Hanoi.

Dengan perjanjian tersebut maka Jepang akan dapat teknologi pertahanan ke Vietnam.

Selain itu, perjanjian tersebut juga meningkatkan kerjasama militer kedua negara di tengah kekhawatiran tentang pengaruh militer China yang semakin besar.

Dalam sebuah pernyataan, Kishi mengatakan bahwa kesepakatan itu meningkatkan kemitraan pertahanan mereka ke tingkat yang baru. Ke depan, jelasnya, Jepang dan Vietnam berencana untuk memperdalam hubungan pertahanan melalui latihan bersama multinasional dan cara lain.

Sementara itu, rincian tentang transfer peralatan khusus, termasuk kapal angkatan laut, akan dibahas dalam pembicaraan berikutnya.

Dikabarkan Channel News Asia, kesepakatan terbaru itu muncul selang dua minggu setelah Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris melakukan perjalanan ke Vietnam untuk memperkuat hubungan dengan negara Asia Tenggara itu.

Selama tur, Harris mendesak negara-negara untuk melawan “intimidasi” China di Laut China Selatan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA