Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Tahanan Palestina Masih Buron, Menhan Benny Gantz: Israel Kerahkan Semua Kekuatan dalam Pemburuan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 12 September 2021, 17:21 WIB
Dua Tahanan Palestina Masih Buron, Menhan Benny Gantz: Israel Kerahkan Semua Kekuatan dalam Pemburuan
Polisi Israel/Net
Israel mengerahkan semua kekuatan dan sarana yang ada untuk memburu dua tahanan Palestina yang masih buron setelah melarikan diri dari Penjara Gilboa yang memiliki fasilitas keamanan tingkat tinggi pekan lalu.

Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz mengatakan, setelah menangkap empat tahanan, Israel masih berusaha mencari dua lainnya.

"Kami kerahkan semua lini," ujarnya dalam sebuah konferensi pers pada Minggu (12/9), seperti dimuat YNet.

Terkait dengan kemungkinan melakukan pemburuan ke kamp Jenin, Gantz mengatakan Israel tidak berniat merugikan warga Palestind di Tepi Barat maupun Gaza.

"Kami berusaha untuk mempromosikan kebijakan untuk membantu mengembangkan stabilitas ekonomi di sana," ujarnya.

"Tetapi jika organisasi teror mencoba menggunakan situasi saat ini untuk bekerja melawan warga Palestina lokal yang hanya menginginkan stabilitas dan pembangunan ekonomi, mereka (teroris) akan menjadi yang pertama membayar harganya," tambah dia.

Pada awal pekan, enam tahanan Palestina melarikan diri dari Penjara Gilboa di Israel utara melalui lubang yang mereka gali di lantai sel.

Insiden itu memicu pemburuan besar-besaran oleh Israel. Pada Jumat (10/9) dan Sabtu (11/9), empat tahanan telah ditangkap. Sementara dua lainnya, yaitu Munadil Nafayat (26 tahun) dan Iham Khamaji (35 tahun) masih buron.

Walikota Dewan Regional Lembah Jezreel, Eyal Bezer mengatakan tidak pernah ada pasukan sebesar itu yang berpartisipasi dalam sebuah operasi.

"Kami mengirim pasukan dengan kualitas terbaik di negara ini untuk menangkap para buronan," ungkapnya.

ARTIKEL LAINNYA