Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Topan Chanthu Lintasi Taiwan, Ratusan Jadwal Penerbangan dan Pelayaran Dibatalkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Minggu, 12 September 2021, 17:48 WIB
Topan Chanthu Lintasi Taiwan, Ratusan Jadwal Penerbangan dan Pelayaran Dibatalkan
Topan Chanthu melintasi wilayah Taiwan pada akhir pekan ini dan menyebabkan ratusan jadwal penebangan dibatalkan/Net
rmol news logo Topan Chanthu melintasi wilayah Taiwan pada akhir pekan ini. Topan yang membawa serta angin kencang dan hujan lebat itu sempat mengganggu jalur perjalanan dan memutus aliran listrik ke beberapa rumah.

Meski begitu, topan tidak sampai membuat pulau itu terkena hantaman langsung.

Merujuk pada Biro Cuaca Pusat Taiwan, Topan Chanthu yang menimpa di Taiwan telah diturunkan dari kategori "topan super" sejak pembentukannya yang cepat minggu lalu.

Tepi luar Chanthu menghantam garis pantai timur Taiwan akhir pekan ini. Namun pusat badai tetap berada di laut saat bergerak ke utara.

Wilayah yang paling parah terkena dampak adalah wilayah timur Hualien dan Taitung. Dampak yang diterima adalah turunnya hujan lebat dengan intensitas sekitar 200 mm sejauh ini.

Akibat topan tersebut, sebanyak 159 penerbangan telah dibatalkan. Selain itu, semua layanan feri ke pulau-pulau lepas pantai juga ditangguhkan, bersama dengan beberapa rute kereta api.

Bukan hanya itu, sekitar 26 ribu rumah tangga kehilangan listrik.

"Topan itu cukup kuat dan dampaknya paling jelas hari ini membawa angin kencang, hujan, dan ombak sebelum berangsur-angsur menjauh besok," kata peramal cuaca Hsu Chung-yi, seperti dikabarkan Channel News Asia.

Untuk mencegah kemungkinan terburuk, sekitar 2.600 orang di daerah rawan longsor di sekitar Hualien telah dievakuasi sementara sekitar 31 ribu tentara bersiaga untuk pekerjaan bantuan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA