Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Wakil PM Qatar Lakukan Pertemuan dengan Mullah Mohammad Hassan Akhund di Kabul

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 September 2021, 06:04 WIB
Wakil PM Qatar  Lakukan Pertemuan dengan  Mullah Mohammad Hassan Akhund di Kabul
Pertemuan tingkat tingggi Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammad bin Abdulrahman al-Thani bersama para tokoh senior di Afghanistan/Net
Pembahasan mengenai Afghanistan masih terus diupayakan oleh berbagai pihak. Laporan Reuters menyebutkan bahwa Wakil Perdana Menteri yang juga Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammad bin Abdulrahman al-Thani berada di Afghanistan pada Minggu (12/9) waktu setempat untuk sebuah pertemuan tingkat tinggi bersama Perdana Menteri baru Mullah Mohammad Hassan Akhund

Kabar itu disampaikan seorang pejabat Taliban di akun Twitternya. Dalam cuitannya pejabat tersebut mengatakan bahwa Sheikh Mohammad bertemu dengan tokoh-tokoh senior Taliban.

Menurut kementerian Qatar, Sheikh Mohammed dan Akhund membahas upaya bersama untuk memerangi organisasi teroris yang mengancam stabilitas Afghanistan, serta cara-cara untuk meningkatkan perdamaian di negara itu dan perjalanan yang aman bagi orang-orang.

Kunjungan Ini menjadikan Sheikh Mohammed diplomat senior pertama yang menginjakkan kaki di Kabul sejak Taliban mengambil alih pemerintahan pada pertengahan Agustus lalu.

Qatar telah lama bertindak sebagai mediator di Afghanistan, menjadi tuan rumah pembicaraan Taliban dengan Amerika Serikat di bawah mantan presiden Donald Trump, dan kemudian dengan pemerintahan presiden Afghanistan yang sekarang digulingkan, Ashraf Ghani.

Negara Timur Tengah ini juga mendukung puluhan ribu warga Afghanistan yang dievakuasi pada minggu-minggu terakhir pendudukan pimpinan AS saat mereka diproses sebelum menuju ke negara lain.

Foto-foto yang beredar di media sosial menunjukkan Sheikh Mohammed juga  sempat bertemu dengan mantan presiden Hamid Karzai.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA