Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Polisi Israel: Buronan dari Penjara Gilboa Mencari Tumpangan ke Tepi Barat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 September 2021, 07:16 WIB
Polisi Israel: Buronan dari Penjara Gilboa Mencari Tumpangan ke Tepi Barat
Polisi Perbatasan Israel di desa Nau'ra mencari buronan dari penjara Gilboa di Israel utara/Net
rmol news logo Kepolisian Israel terus melanjutkan pengejaran terhadap buronan Palestina yang tersisa. Pencarian kali ini difokuskan di Lembah Jezreel dan Jenin, menurut laporan Times of israel, Minggu (12/9). Pencarian kemungkinan akan menemukan kesulitan terutama mengingat adanya serangan di Tepi Barat baru-baru ini.

Enam narapidana Palestina kabur dari penjara Gilboa, yang disebut-sebut memiliki keamanan tingkat tinggi, pada pekan lalu. Empat buronan berhasil ditangkap petugas dan dua lainnya masih dalam pengejaran.

Badan keamanan Israel, Shin Bet, mengatakan, para buronan setelah berhasil kabur lewat terowongan penjara, berjalan kaki ke kota terdekat Na'ura, yang letaknya sekitar 7 kilometer dari penjara Gilboa. Mereka memohon tumpangan kepada beberapa penduduk untuk mengantar mereka ke kota Jenin di Tepi Barat, tetapi ditolak.

Mereka kemudian menghabiskan waktu kurang dari satu jam di sebuah masjid setempat di mana mereka mandi dan berganti pakaian sebelum berangkat ke luar kota. Diduga, mereka sempat menginap di masjid tersebut.

Para warga melaporkan keberadaan sekelompok orang yang mencurigakan kepada polisi. Pasukan pun dikerahkan ke sepanjang perbatasan Tepi Barat.

Enam buronan itu memutuskan untuk berpencar. Namun, akhirnya, polisi berhasil menangkap dua buronan di Nazareth pada Jumat malam (10/9). Beberapa jam kemudian, dua orang lainnya ditangkap di kota terdekat Shibli�"Umm al-Ghanam.

Enam buronan tersebut terlibat dalam kejahatan teroris. Menteri Keamanan Publik Omer Barlev mengatakan, aparat tidak akan berhenti sampai menemukan dua buronan yang tersisa.

“Perkiraan seseorang telah berhasil sampai ke Tepi Barat. Yang lain bisa berada di kedua sisi Jalur Hijau. Kami akan menangkap mereka," katanya dalam sebuah wawancara televisi.

Kepala Staf Angkatan Pertahanan Israel Aviv Kohavi menegaskan, mereka tengah menghitung waktu.

“Kami tidak akan berhenti sampai mereka tertangkap,” kata Kohavi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA