Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Saat Negara Lain Baru Mempertimbangkan, China dan Pakistan Sudah Bergerak Cepat Bantu Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 September 2021, 10:47 WIB
Saat Negara Lain Baru Mempertimbangkan, China dan Pakistan Sudah Bergerak Cepat Bantu Afghanistan
Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi bertemu dengan Mullah Abdul Ghani Baradar, kepala politik Taliban Afghanistan, di Tianjin/Net
rmol news logo Setelah 'perang melawan teror' selama dua dekade yang dipimpin AS berakhir, masalah baru muncul di Afghanistan, yaitu keterpurukan ekonomi yang menurut para ahli akan dimanfaatkan dengan baik oleh China dan Pakistan untuk menarik simpati pemerintahan baru di negara itu.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Para donor internasional dilaporkan akan berkumpul di Jenewa pada Senin (13/9) untuk membahas bantuan kemanusiaan yang akan diberikan kepada Afghanistan di bawah kekuasaan Taliban.

Mereka kalah cepat, Beijing dan Islamabad justru sudah bergerak dengan mengirim banyak pasokan bantuan ke Kabul.

Ini tentunya akan mendorong Afghanistan lebih dekat dengan Pakistan dan China.

Langkah dua tetangga itu bertolak belakang dengan Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya, yang enggan memberikan dana kepada Taliban sampai gerakan militan Islam itu memberikan jaminan bahwa mereka akan menegakkan hak asasi manusia, dan khususnya hak-hak perempuan.

China mengumumkan pekan lalu bahwa mereka akan mengirim pasokan makanan dan kesehatan senilai 31 juta dolar AS ke Afghanistan, di antara bantuan asing pertama sejak Taliban mengambil janji kekuasaan bulan lalu.

Sementara di waktu yang sama Pakistan sudah mengirim pasokan seperti minyak goreng dan obat-obatan kepada pihak berwenang di pihak berwenang, sementara menteri luar negeri negara itu meminta masyarakat internasional untuk memberikan bantuan tanpa syarat dan mencairkan aset Afghanistan.  

Pakistan memiliki hubungan yang dalam dengan Taliban dan dituduh mendukung kelompok itu saat mereka memerangi pemerintah dukungan AS di Kabul selama 20 tahun - tuduhan yang dibantah oleh Islamabad.

Sementara China, dengan aliansi yang kuat dengan Pakistan, juga telah terlibat dengan Taliban.

Beberapa analis mengatakan sikap China didorong ketertarikan mereka dengan kekayaan mineral Afghanistan, termasuk cadangan besar lithium, komponen kunci untuk kendaraan listrik.

Selain itu China juga telah menyatakan keprihatinannya tentang militansi yang dapat meluas dari Afghanistan melintasi perbatasannya. Mereka ingin pemerintah Taliban membantu mengatasinya.

Di luar bantuan kemanusiaan, beberapa ahli dan pejabat di kawasan itu mengatakan Belt and Road Initiative (BRI) China yang besar dapat memberi Afghanistan kelangsungan ekonomi jangka panjang.

Satu kemungkinan adalah Afghanistan bergabung dengan Koridor Ekonomi China-Pakistan (CPEC), bagian utama dari BRI, di mana Beijing telah menjanjikan lebih dari 60 miliar dolar AS untuk proyek infrastruktur di Pakistan, sebagian besar dalam bentuk pinjaman.

 "Taliban akan menyambut bergabung dengan CPEC, China juga akan sangat senang," kata Rustam Shah Mohmand, mantan duta besar Pakistan untuk Afghanistan, seperti dikutip dari Reuters.

China belum memberikan komentar apa pun tentang BRI tetapi Menteri Luar Negeri Wang Yi mengatakan Beijing siap untuk secara aktif membahas dimulainya kembali kereta barang China-Afghanistan dan memfasilitasi interaksi Afghanistan dengan dunia luar, terutama aksesnya ke pasokan kemanusiaan.

Di Afghanistan, para pemimpin Taliban dalam beberapa pekan terakhir mengatakan mereka menginginkan hubungan baik dengan China.

Seorang sumber senior Taliban mengatakan diskusi telah dilakukan dengan China di Doha tentang kemungkinan peluang investasi.  

China tertarik pada pertambangan khususnya tetapi setiap aktivitas di sektor ini akan terbuka untuk tender, kata sumber itu.

"Taliban menyambut baik investasi asing yang akan menguntungkan negara," katanya.

Dua sumber di Afghanistan dan Pakistan yang mengetahui masalah tersebut mengatakan China telah secara proaktif mendorong Afghanistan untuk bergabung dengan CPEC selama bertahun-tahun tetapi telah mendapat tanggapan yang tidak berkomitmen dari pemerintah yang didukung AS sebelumnya.

Taliban, dengan kebutuhan akan stimulus ekonomi dan pengakuan internasional, tampaknya lebih tertarik.

“Jalan terbaik ke depan dan pilihan alternatif yang segera tersedia untuk pembangunan ekonomi Afghanistan adalah CPEC, yang mencakup Pakistan dan China,” kata Mushahid Hussain Sayed, seorang senator Pakistan dan mantan ketua Institut China-Pakistan.

"Pemerintahan baru di Kabul juga akan menerima ini dan mereka tertarik untuk itu."

Namun, bagi China, yang sudah memiliki kepentingan pertambangan di Afghanistan yang telah berjuang untuk bangkit, setiap investasi lebih lanjut akan disertai dengan risiko, mengingat situasi keamanan yang tidak pasti di negara itu.

"Tentu saja keamanan dan stabilitas Afghanistan juga penting bagi China," kata Wang Huiyao, presiden lembaga think tank Center for China and Globalization.

"Tetapi juga tautan ke Asia Tengah dan konektivitas melalui BRI, semuanya terkait dengan stabilitas dan kemakmuran regional. Ada kepentingan di sana untuk China," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA