Farah.ID
Farah.ID

Tony Blair: Radikalisme dan Politisasi Islam Hanya Dapat Dikalahkan oleh Umat Muslim

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 13 September 2021, 12:22 WIB
Tony Blair: Radikalisme dan Politisasi Islam Hanya Dapat Dikalahkan oleh Umat Muslim
Mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair/Net
Terorisme yang selama ini mengatasnamakan agama dan mempraktikan penyimpangan Islam hanya bisa dilawan oleh umat Muslim. Untuk itu, dunia perlu membantu dan mendukung umat Muslim yang berusaha memulihkan agama mereka.

Begitu yang disampaikan oleh mantan Perdana Menteri Inggris Tony Blair dalam sebuah wawancara dengan CNN pada Minggu (12/9).

“Salah satu pelajaran yang pasti saya dapat dalam 20 tahun terakhir adalah ini hanya akan dikalahkan oleh aliansi dengan suara-suara kuat sekarang di dalam Islam yang ingin memulihkan agama mereka dari ekstremisme, dan tugas kita adalah membantu mereka, dan untuk mendukung mereka," ujar Blair.

Blair mengatakan, serangan teror 9/11 yang terjadi pada masa jabatannya merupakan bukti kekuatan fanatik di antara faksi-faksi ekstremisme yang berusaha mempolitisasi Islam.

Menurutnya, jihadisme adalah bentuk yang paling radikal, lantaran membenarkan pembunuhan orang-orang. Namun ia menekankan, agama tidak bisa disalahkan.

"Sebagian besar Muslim yang kehilangan nyawa telah dibunuh oleh Muslim lain, dan ini adalah bagian dari tragedi," terangnya.

“Sekarang seperti yang selalu saya katakan kepada orang-orang, ada kabar baik dalam semua ini, karena ada perlawanan nyata di dunia Muslim," pungkas Blair.

ARTIKEL LAINNYA