Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Layaknya Persiapan Perang, Sejumlah Kota Besar China Bakal Diserbu Suara Sirene pada Peringatan 18 September

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 13 September 2021, 18:04 WIB
Layaknya Persiapan Perang, Sejumlah Kota Besar China Bakal Diserbu Suara Sirene pada Peringatan 18 September
Latihan untuk peringatan Hari Pendidikan Bela Negara yang akan dirayakan pada 18 September 2021/Net
Beberapa kota besar di China  akan diriuhkan dengan suara-suara sirene pada 18 September mendatang. Pemerintah mengatakan, suara sirene itu untuk menandai peringatan Hari Pendidikan Bela Negara ke 21.

Pemerintah Beijing dalam pernyataannya mengatakan, sirene akan memenuhi udara di penjuru kota dalam interval tiga menit dari pukul 10.00 hingga 10:23 pagi waktu setempat.

Tak hanya Beijing, Kota Shanghai pun melakukan hal yang sama. Kantor Pertahanan Sipil Shanghai pada pekan lalu mengungkapkan kemungkinan sirena akan berbunyi dalam interval tiga menit di hari peringatan itu, yang dijadwalkan pada pukul 11.35 waktu setempat.

“Shanghai juga akan mengadakan tes yang sama pada hari yang sama, dengan peringatan serangan udara memenuhi udara di seluruh kota dalam interval tiga menit dari 11:35 hingga 11:58,” kata pemerintah Shanghai.

Persiapan Peringatan Hari Pendidikan Bela Negara Nasional itu telah dimulai sejak pekan lalu. Untuk tes suara sirene dilakukan pada hari ini, Senin (13/9). Tes ini dikatakan untuk meningkatkan kesadaran pertahanan nasional warga sekaligus menginformasikan bahwa akan ada 'serangan sirene' di udara di kota-kota.

“Tes diadakan di daerah pinggiran kota, penduduk dapat melanjutkan kehidupan mereka setelahnya,” lapor media China Global Times, Senin (13/9).

Kota lain yang akan melakukan hal serupa adalah Guangzhou dan Xi'an.

Seiring dengan pembunyian sirene, latihan pertahanan udara akan dilakukan di seluruh kota. Sebuah mini-program peta pertahanan sipil akan dirilis oleh pemerintah Shanghai pada 18 September untuk meningkatkan kesadaran publik.

Peta tersebut akan memberikan berbagai informasi, termasuk proyek pertahanan sipil, tempat pendidikan pertahanan sipil, dan tempat penampungan darurat serta layanan navigasi ke tempat-tempat tersebut.

Hari Pendidikan Bela Negara diresmikan pada tahun 2001. Sejak itu, China memperingatinya setiap bulan September di minggu ketiga.

Untuk tahun ini peringatan jatuh di hari Sabtu tanggal 18 september.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA