Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Kunjungan Pertama Israel ke Mesir Setelah Satu Dekade, Bahas Pengaruh Iran di Timur Tengah dan Krisis Lebanon

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 September 2021, 07:47 WIB
Kunjungan Pertama Israel ke Mesir Setelah Satu Dekade, Bahas Pengaruh Iran di Timur Tengah dan Krisis Lebanon
Presiden Mesir Abdel Fattah al-Sisi bertemu dengan Perdana Menteri Israel Naftali Bennett di kota resor Laut Merah Mesir Sharm El-Sheikh, Senin 13 September 2021/Net
Untuk pertama kalinya dalam satu dekade, Perdana Menteri Naftali Bennett menjadi kepala pemerintah pertama Israel yang melakukan kunjungan resmi ke Mesir pada Senin (13/9) waktu setempat.

Di Mesir, Bennet mempunyai misi untuk bertemu Presiden Abdel Fattah al-Sisi, yaitu melakukan sejumlah pembicaraan tentang hubungan Israel-Palestina juga hubungan bilateral kedua negara.

Kedatangan Bennet ke Mesir atas undangan Sisi yang disampaikannya bulan lalu.

Sejak Mei, Mesir telah memainkan peran penting menengahi dan mencoba untuk memperkuat gencatan senjata di Jalur Gaza setelah 11 hari konflik di sana antara Israel dan faksi Palestina Hamas.

Bennett mengatakan pembicaraan yang berlangsung di resor Laut Merah Sharm el-Sheikh itu mencakup diplomasi, keamanan dan ekonomi.

"Kami menciptakan fondasi untuk koneksi yang mendalam ke depan," katanya sebelum terbang pulang, seperti dikutip dari Reuters.

Sementara kepresidenan Mesir mengatakan bahwa selama diskusi dengan Bennet, Sisi mengutip upaya Mesir untuk menjaga ketenangan di wilayah Palestina dan pentingnya dukungan internasional untuk upaya membangun kembali di sana.

"Sisi juga menegaskan dukungan Mesir untuk semua upaya untuk mencapai perdamaian komprehensif di Timur Tengah, menurut solusi dua negara," kata pernyataan kepresidenan.

Mesir adalah negara Arab pertama yang menandatangani perjanjian damai dengan Israel pada 1979 tetapi hubungan tetap dingin, terbatas pada kerja sama keamanan dan hubungan ekonomi.

Peran Kairo sebagai perantara atas gencatan senjata Gaza memungkinkannya menegaskan kembali peran diplomatiknya di kawasan itu, setelah kesepakatan oleh empat negara Arab untuk menormalkan hubungan dengan Israel tahun lalu.

"Bennett dan Sisi juga diperkirakan akan membahas masalah regional, termasuk pengaruh Iran di Timur Tengah dan krisis di Lebanon," kata diplomat dan sumber keamanan.

Kunjungan resmi terakhir oleh seorang perdana menteri Israel ke Mesir adalah ketika pendahulu Bennet, Benjamin Netanyahu bertemu dengan mantan Presiden Mesir Hosni Mubarak pada Januari 2011 di Sharm el-Sheikh, tepat sebelum peristiwa pemberontakan yang menggulingkan Mubarak.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA