Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertimbangkan Masa Depan Afghanistan, AS Evaluasi Hubungan dengan Pakistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 14 September 2021, 10:02 WIB
Pertimbangkan Masa Depan Afghanistan, AS Evaluasi Hubungan dengan Pakistan
Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken/Net
rmol news logo Amerika Serikat (AS) akan mengevaluasi hubungannya dengan Pakistan untuk merumuskan peran apa yang akan diambil Washington di masa depan Afghanistan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam audiensi publik di Kongres mengenai Afghanistan pada Senin (13/9). Itu merupakan yang pertama sejak Afghanistan jatuh ke tangan Taliban pada pertengahan Agustus lalu.

Kepada Komite Urusan Luar Negeri DPR, Blinken mengatakan Pakistan memiliki beberapa kepentingan yang bertentangan dengan AS.

"(Pakistan) adalah salah satu yang terlibat menyembunyikan anggota Taliban, adalah salah satu yang punya perbedaan poin kerjasama dengan kami dalam kontraterorisme," kata Blinken, seperti dikutip Reuters.

Ia mengatakan, evaluasi akan dilakukan selama beberapa hari atau pekan ke depan.

"Peran yang telah dimainkan Pakistan selama 20 tahun terakhir, tetapi juga peran yang ingin kita lihat dimainkan di tahun-tahun mendatang dan apa yang diperlukan untuk melakukan itu," jelasnya.

Penarikan pasukan AS dari Afghanistan telah memicu proses evakuasi besar-besaran, yang kemudian diselingi bom bunuh diri yang menewaskan 13 tentara AS dan sejumlah warga Afghanistan.

Pakistan yang memiliki hubungan yang dalam dengan Taliban dituduh mendukung kelompok itu, tetapi dibantah Islamabad. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA