Farah.ID
Farah.ID

Kemlu Jepang Kirim Peringatan Adanya Peningkatan Ancaman di Enam Negara, Termasuk Indonesia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 14 September 2021, 10:19 WIB
Kemlu Jepang Kirim Peringatan Adanya Peningkatan Ancaman di Enam Negara, Termasuk Indonesia
Kemlu Jepang keluarkan peringatan untuk warganya di enam negara Asia Tenggara/Net
Sebuah peringatan telah dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri Jepang kepada warganya yang berada di enam negara Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Dalam peringatannya yang dirilis pada Senin (13/9), Kemlu Jepang mendesak warganya untuk menjauhi fasilitas keagamaan dan keramaian, dengan adanya kemungkinan serangan.

Kemlu Jepang mengatakan, pihaknya telah memperoleh informasi terkait peningkatan risiko seperti bom bunuh diri. Mereka juga meminta warga Jepang untuk berwaspada.

Peringatan itu disebut telah dikirim ke kedutaan besarnya di negara-negara yang bersangkutan untuk dibagikan kepada warga negara Jepang.

Dimuat Associated Press, peringatan tersebut justru membuat bingung negara-negara yang dimaksud. Otoritas setempat mengatakan tidak mengetahui adanya ancaman atau rincian dari Jepang mengenai sumber informasi tersebut.

Jurubicara Kemlu RI, Teuku Faizasyah membantah adanya peringatan yang dikirim ke warga Jepang.

Sementara jurubicara Kemlu Thailand, Tanee Sangrat menyebut, pihak Jepang belum mengungkap asal-usul peringatan tersebut. Sejauh ini, Kedutaan Besar Jepang di Bangkok juga tidak memiliki rincian lebih lanjut mengenai informasi itu.

Wakil jurubicara kepolisian Thailand, Kissana Pathanacharoen juga mengatakan pihaknya tidak memiliki informasi tentang kemungkinan ancaman.

Departemen Luar Negeri Filipina juga mengatakan tidak mengetahui adanya informasi tentang peningkatan ancaman.

ARTIKEL LAINNYA