Farah.ID
Farah.ID

Booming Saat Pandemi, Teknologi Digital jadi Sasaran Wang Yi untuk Ajak Singapura Berkolaborasi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 14 September 2021, 12:41 WIB
Booming Saat Pandemi, Teknologi Digital jadi Sasaran Wang Yi untuk Ajak Singapura Berkolaborasi
Kunjungan Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China Wang Yi (kiri) bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan di Singapura, pada 13 September 2021/Net
Selesai mengunjungi Kamboja, Penasihat Negara dan Menteri Luar Negeri China melanjutkan lawatannya ke Singapura pada Senin (13/9) waktu setempat.

Sejumlah topik dibahas dalam pertemuan Wang Yi dengan Wakil Perdana Menteri Singapura Heng Swee Keat, termasuk pandemi Covid-19 hingga janji untuk saling meningkatkan kerja sama ekonomi digital.

"China bersedia bekerja sama dengan Singapura untuk memainkan sepenuhnya Dewan Bersama untuk Kerja Sama Bilateral (JCBC), mekanisme kerja sama tingkat tertinggi dan paling berpengaruh antara kedua negara, untuk mendorong kerja sama bilateral ke tingkat yang baru," kata Wang, seperti dikutip dari CGTN, Selasa (14/9).

Mengenai pandemi Covid-19, Wang mengatakan China bersedia bergandengan tangan dengan Singapura untuk bekerja pada penelitian dan pengembangan obat-obatan dan penelitian virus, dan bersama-sama menentang adanya 'penguasaan' vaksin.

Beralih ke kerja sama ekonomi digital yang booming selama pandemi, Wang mengatakan bahwa China siap bekerja sama dengan Singapura untuk memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan proyek kerja sama bilateral, dan memperluas kerja sama di bidang termasuk ekonomi hijau, sehingga pemulihan ekonomi kedua negara dan kawasan bisa tercapai.

Heng, pada bagiannya, mengatakan mempertahankan kontak tingkat tinggi di tengah pandemi sangat penting dalam memperkuat kerja sama bilateral antara Singapura dan China, sambil memuji negara itu atas kerja sama vaksinnya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA