Farah.ID
Farah.ID

AS Desak Utusan Khusus ASEAN Segera Kunjungi Myanmar

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 15 September 2021, 11:17 WIB
AS Desak Utusan Khusus ASEAN Segera Kunjungi Myanmar
Utusan Khusus ASEAN untuk Myanmar, Erywan yusof
Amerika Serikat (AS), melalui Perwakilan Dagangnya, Katherine Tai mendesak ASEAN untuk segera mengirim utusan khusus ke Myanmar dan mempromosikan dialog dengan pihak-pihak bertikai.

Desakan itu disampaikan Tai ketika melakukan pertemuan tahunan virtual dengan para menteri ekonomi ASEAN pada Senin (13/9), seperti dimuat Reuters.

"Dutabesar Tai juga menyatakan keprihatinan mendalam mengenai kudeta militer di Burma, dan mendesak Utusan Khusus ASEAN untuk mengunjungi Burma sesegera mungkin untuk mempromosikan dialog dengan semua pihak," kata Kantor Perwakilan Dagang AS (USTR).

Bulan lalu, ASEAN telah menunjuk Menteri Luar Negeri Kedua Brunei Darussalam, Erywan Yusof sebagai Utusan Khusus.

Awal bulan ini, Erywan mengatakan pihaknya masih mempersiapkan kunjungan ke Myanmar. Proses perizinan sendiri cukup sulit lantaran Erywan mengupayakan akses untuk bertemu pemimpin sipil yang digulingkan Aung San Suu Kyi.

Ia menargetkan kunjungan ke Myanmar dapat dilakukan sebelum akhir Oktober, ketika para pemimpin ASEAN akan bertemu. Namun sejauh ini belum ada tanggal final yang ditentukan.

Myanmar telah tenggelam dalam kekacauan sejak junta militer merebut kekuasaan dalam kudeta 1 Februari. Warga yang menolak kudeta kemudian melakukan aksi protes yang dibalas kekerasan oleh junta hingga menimbulkan banyak korban jiwa.

ARTIKEL LAINNYA