Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tiga Anggota Five Eyes Bergabung Bangun Kapal Selam Bersenjata Nuklir, Siap Gempur China?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 16 September 2021, 07:07 WIB
Tiga Anggota Five Eyes Bergabung Bangun Kapal Selam Bersenjata Nuklir, Siap Gempur China?
Presiden AS Joe Biden menyampaikan pidato tentang Inisiatif Keamanan Nasional secara virtual dengan Perdana Menteri Australia Scott Morrison dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson, 15 September 2021/Net
rmol news logo Tiga kepala negara anggota Five Eyes, AS, Australia dan Inggris menggelar pertemuan trilateral virtual pada Rabu (15/9) waktu setempat.

Dipimpin oleh Presiden AS Joe Biden, pertemuan antara PM Inggris Boris Johnson dan PM Australia Scott Morrison dimaksudkan untuk mengumumkan prakarsa militer baru yang didedikasikan untuk 'Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka'.

Dalam pertemuan itu ketiga pemimpin aliansi mengumumkan sebuah langkah pertama yang tampaknya ditujukan untuk melawan China, yaitu menyediakan kapal selam nuklir untuk Canberra.

"Masa depan ketiga negara dan bahkan dunia bergantung pada Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka yang bertahan dan berkembang dalam beberapa dekade ke depan,” kata Biden, seperti dikutip dari RT, Kamis (16/9).

"AUKUS (Australia, UK, US) akan memastikan setiap negara memiliki kemampuan paling modern yang kami butuhkan," lanjutnya.

"Langkah konkret pertama dalam memperluas dan mempertahankan kemampuan militer yang menua dan teknologi kritis akan memberi Australia kapal selam bertenaga nuklir tetapi bersenjata konvensional," kata Biden lagi.

PM Johnson menggemakan pernyataan Biden dengan menyatakan Australia sebagai saudara tua mereka.

“Hanya segelintir negara memiliki kapal selam bertenaga nuklir, dan itu adalah keputusan penting bagi setiap bangsa untuk memperoleh kemampuan yang tangguh ini,” kata Johnson.

"Australia adalah salah satu teman kami yang tertua, bangsa kerabat, dan rekan demokrasi, dan mitra alami dalam perusahaan ini," ujarnya.

Kapal selam nuklir saat ini hanya dioperasikan oleh enam negara; China, Prancis, India, Rusia, AS dan Inggris, yang juga memiliki senjata atom. Jika dan ketika proyek AUKUS memberikan hasil, itu akan menjadikan Australia negara pertama di dunia dengan kapal selam bertenaga nuklir tetapi bukan senjata.

Biden mengatakan proyek itu akan dimulai dengan periode konsultasi selama 18 bulan antara militer ketiga negara, dan melibatkan Badan Energi Atom Internasional untuk memastikan 'pemenuhan penuh' dengan kewajiban mereka di bawah Perjanjian 1970 tentang Non-Proliferasi Senjata Nuklir (NPT).

Sementara presiden AS tidak menyebut China, semua pembicaraan tentang 'Indo-Pasifik' memperjelas kepada siapa aliansi baru dan lebih baik itu ditujukan.

Inggris baru-baru ini bergabung dengan AS dalam mengirimkan kapal perang pada operasi 'kebebasan navigasi' di Laut Cina Selatan, rute perdagangan maritim penting di mana Beijing telah mengklaim serangkaian pulau dan terumbu karang.

Diminta untuk mengomentari pengumuman tersebut, juru bicara kedutaan besar China Liu Pengyu mengatakan negara-negara "tidak boleh membangun blok eksklusif yang menargetkan atau merugikan kepentingan pihak ketiga. Secara khusus, mereka harus melepaskan mentalitas Perang Dingin dan prasangka ideologis mereka."

Video pengantar sebelum pengumuman itu menggembar-gemborkan AUKUS sebagai aliansi “demokrasi maritim” yang disatukan oleh “demokrasi, ketahanan, inovasi, dan keragaman” mereka dalam bekerja “untuk kebaikan dunia.” rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA