Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Warga Meksiko Ini Ketiban Untung, Rumah Bekas Gembong Narkoba 'El Chapo' Senilai Rp 2,6 M Jadi Miliknya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 16 September 2021, 14:53 WIB
Warga Meksiko Ini Ketiban Untung, Rumah Bekas Gembong Narkoba 'El Chapo' Senilai Rp 2,6 M Jadi Miliknya
Selain rumah Joaquin ‘El Chapo’ Guzman, rumah milik bos kartel Meksiko Amado Carrillo Fuentes ini juga termasuk di antara hadiah dalam undian khusus Meksiko/Net
rmol news logo Seorang warga Meksiko mendapatkan keberuntungan setelah memenangkan undian yang diadakan pemerintah pada Rabu (15/9) waktu setempat. Hadiah yang diterimanya adalah sebuah rumah besar milik gembong narkoba Joaquin ‘El Chapo’ Guzman.

Rumah yang berada di Culiacan di negara bagian Sinaloa di barat laut itu termasuk di antara 20 properti yang disita dan dijadikan hadiah dalam undian besar National Lottery.

Namun demikian, identitas pemenang dirahasiakan demi keamanan.

Guzman adalah gembong kartel yang menjalani hukuman seumur hidup di penjara AS. Ia lolos dari perburuan pada tahun 2014 karena bersembunyi pada sistem drainase bawah tanah rumah senilai sekitar 184.000 dolar AS (sekitar 2,6 miliar rupiah) itu, tetapi ditangkap enam hari kemudian.

Dia kemudian dikirim ke penjara dengan keamanan tinggi pada tahun 2015, tetapi sekali lagi melarikan diri.

Kepala kartel Sinaloa yang terkenal licin itu akhirnya ditangkap pada 2016 dan diekstradisi pada tahun berikutnya ke Amerika Serikat.

“Tujuan undian adalah untuk mengubah properti yang berat dengan biaya pemeliharaan yang berat menjadi manfaat nyata bagi masyarakat,” kata Ernesto Prieto, kepala badan yang bertanggung jawab untuk mengelola properti yang disita, seperti dikutip dari Insider, Kamis (16/9).

Hadiah lainnya termasuk sebuah mansion Mexico City milik mantan pemimpin kartel Juarez Amado Carrillo Fuentes yang dikatakan bernilai sekitar 3,8 juta dolar AS.

Dikenal sebagai ‘The Lord of the Skies’, dia dianggap sebagai salah satu pengedar narkoba terbesar di Amerika Latin sampai dia meninggal selama operasi plastik di Mexico City pada tahun 1997. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA