Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Gabung Australia, Penjaga Pantai AS Latihan di Laut China Selatan

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 17 September 2021, 10:25 WIB
Gabung Australia, Penjaga Pantai AS Latihan di Laut China Selatan
Kapal Pasukan Penjaga Pantai AS/Net
Amerika Serikat (AS) mengerahkan kapal Penjaga Pantai, Munro, ke Laut China Selatan untuk ikut dalam latihan bersama Angkatan Laut Australia.

Dalam sebuah pernyataan pada Kamis (16/9), Penjaga Pantai AS mengatakan latihan dilakukan selama tiga hari, yang akan berakhir pada Senin (20/9).

"Keterlibatan latihan bersama termasuk operasi bersama, pertukaran profersional, dan menuver multi-unit di laut untuk memperkuat interoperabilitas antara Penjaga Pantai AS dan Angkatan Laut Australia," ujar pernyataan itu, seperti dikutip Sputnik.

Menurut pernyataan itu, Penjaga Pantai AS dan Angkatan Laut Australia memiliki sejarah panjang kerjasama, sebagai bagian dari Kelompok Koordinasi Pertahanan Segiempat Pasifik atau P-QUAD, yang menghubungkan AS, Australia, Selandia Baru, dan Prancis.

Munro merupakan kapal Penjaga Pantai AS setinggi 418 kaki, meninggalkan pelabuhan asalnya di Alameda pada bulan Juli untuk penempatan selama berbulan-bulan ke Pasifik Barat.

Sehari sebelumnya, Rabu (15/9), AS, Inggris, dan Australia mengumumkan pakta pertahanan (AUKUS) untuk memberikan Canberra kapal selam bertenaga nuklir.

Kapal selam itu memicu kemarahan Prancis karena mengancam kontrak senilai 90 miliar dolar AS dengan Australia untuk membangun kapal selam.

ARTIKEL LAINNYA