Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tidak Ada yang Diijinkan Membuka Surat Wasiat Pangeran Philip, akan Tetap Dirahasiakan Hingga 90 Tahun

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 September 2021, 05:55 WIB
Tidak Ada yang Diijinkan Membuka Surat Wasiat Pangeran Philip,  akan Tetap Dirahasiakan Hingga 90 Tahun
Pangeran Philip/Net
Masa berkabung keluarga Kerajaan Inggris mungkin sudah lewat, tetapi hingga saat ini tidak satu pun anggota keluarga yang mengetahui isi surat wasiat mendiang Pangeran Philip, lima bulan setelah wafatnya.

Pengadilan Tinggi London telah memutuskan bahwa wasiat suami dari Ratu Elizabeth itu akan tetap disegel selama 90 tahun untuk mempertahankan 'martabat' monarki.
 
Sudah menjadi kebiasaan selama hampir satu abad untuk menyegel surat wasiat bangsawan senior atas perintah Pengadilan Tinggi. Surat wasiat Philip harus dirahasiakan selama 90 tahun ke depan, menurut Hakim Andrew McFarlane. Setelah itu, dapat dibaca secara rahasia sebelum memutuskan apakah harus dirilis atau tidak.

Ada kebutuhan untuk benar-benar melindungi area  pribadi  kehidupan kelompok individu yang terbatas. Hal ini untuk menjaga martabat 'Yang Berdaulat' dan anggota dekat keluarganya, menurut McFarlane.

Tidak ada salinan surat wasiat yang harus dibuat untuk dicatat atau disimpan di arsip pengadilan, sesuai dengan konvensi kerajaan yang telah berlaku sejak 1910.

Hakim juga menyatakan bahwa ia sendiri tidak mengetahui atau diperlihatkan isi surat wasiat itu. Tidak seorang pun yang diijinkan membukanya.
"Tidak ada kepentingan publik untuk mengetahui informasi yang sepenuhnya pribadi dalam surat wasiat anggota keluarga kerajaan," kata Hakim. Ketentuan itu berlaku mutlak, kecuali untuk nilai harta warisan yang bisa segera diumumkan.

Anggota keluarga kerajaan pertama yang surat wasiat mereka disegel adalah Pangeran Francis dari Teck, adik dari Ratu Mary, istri Raja George V. Juga mendiang ibunda dari Ratu Elizabeth serta saudara perempuan ratu, Putri Margaret.

Pangeran Philip meninggal pada April 2021 di usia 99 tahun, beberapa bulan setelah dia dirawat di rumah sakit karena infeksi dan masalah jantung yang sudah ada sebelumnya. Dia menikah dengan ratu selama 73 tahun. Ia meninggalkan empat anak, delapan cucu, dan 10 cicit.

Dari semua kebiasaan itu, hanya surat wasiat Putri Diana yang langsung dibacakan tak lama setelah ia meninggal pada 1997. Beberapa alasan mengapa surat wasiat Putri Diana dibedakan, karena saat itu kematiannya menjadi perhatian publik, dan tentu saja karena status 'Yang Mulia' telah dicabut ketika ia bercerai denagn Pangeran Wales.

Putri Diana mewariskan sebagian besar tanah miliknya senilai 35,6 juta dolar pada tahun itu, kepada dua putranya Pangeran William dan Harry. Sisanya diberikab untuk badan amal yang dia dukung, anak baptisnya dan stafnya.

Dari uang warisan inilah Pangeran Harry berani mengambil keputusan bersama isterinya Meghan keluar dari keluarga kerajaan dan pindah ke Amerika Utara. Ia mengaku tidak bisa melakukan hal itu jika bukan karena harta dari warisan ibunya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA