Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Pernah Bantu Sembuhkan Trump Saat Terkena Covid, Inggris Siap Gunakan Obat Antibodi Ronapreve

LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 September 2021, 07:44 WIB
Pernah Bantu Sembuhkan Trump Saat Terkena Covid, Inggris Siap Gunakan Obat Antibodi Ronapreve
Perusahaan Renegeron/Net
. Obat antibodi baru Ronapreve yang pernah digunakan untuk mengobati mantan Presiden AS Donald Trump saat terinfeksi Covid-19 akan segera beredar luas di Inggris setelah mendapat persetujuan dari otoritas kesehatan setempat.

Sebagai permulaan, otoritas kesehatan Inggris mengatakan obat yang dikembangkan bersama oleh Roche dan Regeneron tersebut akan digunakan kepada mereka yang memiliki respons antibodi yang lemah terhadap virus corona.

"Kami telah mendapatkan perawatan baru untuk pasien kami yang paling rentan di rumah sakit di seluruh Inggris dan saya senang itu akan menyelamatkan nyawa mulai minggu depan," kata Menteri Kesehatan Sajid Javid dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan peluncuran Ronapreve, seperti dikutip dari AFP, Sabtu (19/9).

Nantinya obat tersebut akan digunakan untuk mengobati pasien tanpa antibodi berusia 50 tahun ke atas, atau berusia 12 hingga 49 tahun dan dianggap immunocompromised.

"Kelayakan untuk pengobatan akan ditentukan melalui pengujian antibodi, dengan mereka yang menunjukkan kurangnya respon antibodi yang ada yang disetujui untuk menerima obat," tambah Javid.

Ronapreve, dikenal sebagai Regen-Cov di AS, diberi lampu hijau untuk digunakan di Inggris oleh Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) pada Agustus.
Menyambut peluncuran tersebut, salah satu perusahaan di balik obat tersebut menyatakan harapan untuk kelanjutan kemitraannya dengan otoritas kesehatan Inggris.

"Ini hanyalah langkah lain dalam perjalanan kami untuk mengatasi Covid-19, dan kami akan terus berkolaborasi dengan mitra untuk mengidentifikasi dan menyelidiki berbagai opsi yang dapat membantu berbagai kelompok pasien," kata Lead Covid-19 di Roche, Paul McManus.

"Bersama Regeneron, kami berterima kasih atas kolaborasi gugus tugas vaksin dan NHS Inggris dalam membantu menghadirkan koktail antibodi penting ini untuk mengobati dan mencegah Covid-19 akut di seluruh Inggris," katanya.

Ronapreve merupakan pengobatan kombinasi antibodi monoklonal. Obat ini diberikan melalui suntikan atau infus, mengikat dengan coronavirus dan menghentikan penyakit dari mencapai sel-sel dalam sistem pernapasan - secara efektif, dikatakan bertindak mirip dengan respon imun alami.

Ronapreve menarik perhatian dunia ketika mantan Presiden AS Donald Trump tertular Covid-19 selama masa jabatannya dan ditawari pengobatan eksperimental.

Menurut Trump, obat itu menunjukkan kemanjuran yang tinggi, bahkan saat itu dia menyebutnya sebagai 'penyembuh' utama untuk virus corona.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA