Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Selesaikan Misi 3 Bulan di Luar Angkasa, Tiga Astronot China Mendarat di Bumi dengan Selamat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 18 September 2021, 08:00 WIB
Selesaikan Misi 3 Bulan di Luar Angkasa, Tiga Astronot China Mendarat di Bumi dengan Selamat
Roket Long March-2FY12 yang membawa pesawat ruang angkasa Shenzou-12 dan tiga astronot, lepas landas dari pusat peluncuran satelit Jiuquan pada 17 Juni 2021/Net
rmol news logo Setelah menyelesaikan misi selama tiga bulan di luar angkasa, tiga astronot China kembali ke Bumi dengan selamat pada Jumat (17/9) waktu setempat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kapsul yang kembali dari pesawat ruang angkasa Shenzhou-12, yang membawa astronot Nie Haisheng, Liu Boming dan Tang Hongbo, mendarat di lokasi pendaratan Dongfeng di Daerah Otonomi Mongolia Dalam China utara pada pukul 13:34 (Waktu Beijing), menurut Badan Antariksa Berawak China (CMSA).

"Ketiga astronot telah keluar dari kapsul, semuanya dalam kondisi baik," kata CMSA, seperti dikutip dari Xinhua.

Pesawat ulang-alik Shenzhou-12 diluncurkan pada 17 Juni lalu dari Pusat Peluncuran Satelit Jiuquan di barat laut China dan merapat dengan modul inti stasiun ruang angkasa Tianhe. Setelah berlabuh, ketiga astronot memasuki modul inti dan mulai tinggal selama tiga bulan di luar angkasa.

Para kru melakukan dua kegiatan ekstravehicular serta serangkaian eksperimen sains dan teknologi luar angkasa. Mereka menguji teknologi kunci untuk pembangunan dan pengoperasian stasiun luar angkasa, mengenai masa tinggal jangka panjang untuk astronot, daur ulang dan sistem pendukung kehidupan, pasokan bahan luar angkasa, kegiatan dan operasi ekstravehicular, dan pemeliharaan di orbit.

"Keberhasilan misi luar angkasa berawak Shenzhou-12 meletakkan dasar yang kuat untuk melanjutkan pembangunan dan pengoperasian stasiun luar angkasa negara itu," kata CMSA.  rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA