Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Resmi Jadi Anggota SCO, Iran Gabung Aliansi China dan Rusia

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 September 2021, 06:48 WIB
Resmi Jadi Anggota SCO, Iran Gabung Aliansi China dan Rusia
Presiden Iran Ebrahim Raisi/Net
  Pertemuan tingkat tinggi aliansi ekonomi Shanghai Cooperation Organisation (SCO) yang telah rampung pada akhir pekan ini menandai keanggotaan baru dari Republik Islam Iran.

Presiden Iran Ebrahim Raisi yang menghadiri secara langsung KTT SCO ke-21 di Tajikistan sejak pekan lalu menyebut diterimanya Teheran merupakan sebuah pencapaian besar.

Hal itu Raisi sampaikan ketika tiba di Bandara Internasional Mehrabad, Teheran usai menyelesaikan kunjungan ke Tajikistan pada Sabtu sore (18/9).

"Penerimaan keanggotaan Iran dalam SCO adalah gerakan strategis dan keberhasilan diplomatik," tekannya, seperti dikutip Mehr News.

Ia mengatakan, kunjungan ke Tajikistan sejalan dengan politik luar negeri pemerintahannya yang menekankan diplomasi ekonomi dan kebijakan untuk memperluas hubungan dengan tetangga.

Keanggotaan di SCO sendiri akan sangat menguntungkan bagi Iran secara ekonomi. Terlebih sumber daya dan infrastruktur ekonomi Teheran juga nantinya akan terhubung dengan negara-negara anggota SCO lainnya.

"Akses ke sumber daya dan infrastruktur ekonomi negara-negara anggota SCO adalah kesempatan berharga bagi Iran," ucapnya.

""Pertemuan bilateral di Tajikistan menandai awal babak baru dalam hubungan ekonomi dan budaya Republik Islam Iran," imbuhnya.

SCO merupakan organisasi berlandaskan ekonomi di antara negara-negara di kawasan Asia, yang sebelumnya meliputi China, Rusia, Kazakhstan, Kyrgyzstan, Tajikistan, dan Uzbekistan.

Selain membahas ekonomi, para pemimpin negara-negara SCO juga berdialog mengenai perkembangan di Afghanistan, yang saat ini telah dikendalikan oleh rezim Taliban.

ARTIKEL LAINNYA