Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Jelang Kunjungan Presiden Nguyen ke Havana, Vietnam Setuju Gunakan Vaksin Covid-19 Abdala Buatan Kuba

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 September 2021, 09:49 WIB
Jelang Kunjungan Presiden Nguyen ke Havana, Vietnam Setuju Gunakan Vaksin Covid-19 Abdala Buatan Kuba
Vaksin Covid-19 buatan Kuba, Abdala/Net
Vietnam telah memberikan lampu hijau untuk penggunaan vaksin Covid-19 buatan Kuba, Abdala. Dengan begitu, Abdala menjadi vaksin Covid-19 ke-8 yang disetujui untuk digunakan di Vietnam.

"Kementerian Kesehatan telah menyetujui vaksin Abdala, berdasarkan kebutuhan mendesak negara untuk memerangi Covid-19," ujar pemerintah dalam keterangannya pada Sabtu (18/9).

Reuters melaporkan, pengumuman itu muncul beberapa jam setelah Presiden Nguyen Xuan Phuc meninggalkan Hanoi untuk berkunjung ke Havana.

Bulan lalu, Kementerian Kesehatan mengatakan Kuba akan memasok sejumlah besar vaksin Abdala ke Vietnam, termasuk dengan transfer teknologi produksi pada akhir tahun.

Vietnam dan Kuba termasuk di antara lima negara komunis terakhir di dunia, bersama dengan China, Laos, dan Korea Utara.

Pada bulan Juli, Vietnam mendesak Amerika Serikat untuk mengakhiri "kebijakan bermusuhan" terhadap Kuba dan mencabut embargo perdagangannya yang sudah berlangsung lama setelah protes anti-pemerintah yang jarang terjadi di pulau itu.

Vietnam merupakan salah satu negara dengan tingkat vaksinasi terendah di Asia Tenggara. Sejauh ini hanya 6,3 persen dari 98 juta populasinya yang sudah mendapatkan vaksinasi dua suntikan.

Sementara itu, Vietnam juga mencatat total 667.650 kasus Covid-19, dengan 16.637 kematian. Lonjakan kasus dan kematian terjadi sejak kemunculan varian Delta pada April lalu.

ARTIKEL LAINNYA