Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Dua Tahun Usai Kebakaran, Rekonstruksi Notre-Dame de Paris Segera Dimulai

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 September 2021, 14:08 WIB
Dua Tahun Usai Kebakaran, Rekonstruksi Notre-Dame de Paris Segera Dimulai
Proses rekonstruksi Notre-Dame de Paris/Shutterstock
Setelah kebakaran hebat dua tahun lalu, Notre-Dame de Paris akan memulai proses rekonstruksi. Kerangka penopang juga telah rampung dibuat.

Ketika kebakaran hebat melanda pada April 2019, salah satu ikon kota Paris ini cukup hancur, khususnya di bagian loteng dan puncak menara.

Presiden Prancis Emmanuel Macron berkomitmen, pihaknya akan membangun kembali katedral yang beral dari abad ke-12 itu. Macron juga menargetkan Notre-Dame de Paris dapat dibuka pada tahun 2024, ketika Prancis menjadi tuan rumah Olimpiade.

Menurut badan negara yang ditugaskan dalam proyek tersebut, proyek untuk mengamankan struktur bangunan, termasuk memperkuat kubah yang rusak dengan bingkai kayu berbentuk lengkung raksasa telah dilakukan. Semua berada dalam jalur untuk memenuhi tenggat waktu yang diberikan Macron.

Dimuat Rueters, katedral akan dikembalikan ke desain sebelumnya, termasuk menara setinggi 96 meter yang dirancang oleh arsitek Eugene Viollet-le-Duc pada pertengahan 1800-an.

Adapun untuk restorasi diperkirakan akan dimulai dalam beberapa bulan mendatang, setelah proses tender untuk memilih perusahaan. Sebelum itu, operasi pembersihan untuk dinding dan lantai interior gedung akan dimulai bulan ini.

ARTIKEL LAINNYA