Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Misi Sukses, Empat Astronot Inspiration4 SpaceX Pulang ke Bumi

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 19 September 2021, 14:38 WIB
Misi Sukses, Empat Astronot Inspiration4 SpaceX Pulang ke Bumi
Kapsul Crew Dragon mendarat di lepas pantai Florida pada Sabtu, 18 September 2021/Net
Misi SpaceX, Inspiration4, yang membawa empat astronot warga sipil ke luar angkasa telah berhasil mendarat kembali ke Bumi.

Kapsul Crew Dragon SpaceX yang disebut Resilience mendarat di di lepas pantai Cape Canaveral, Florida pada Sabtu (18/9) pukul 19.09 waktu setempat.

Proses pendaratan sendiri disiarkan secara langsung di kanal YouTube SpaceX.

Tampak empat anggota awak tersenyum sembari mengacungkan jempol mereka ketika berhasil kembali pulang. Mereka bukanlah astronot profesional, melainkan warga sipil.

Misi Inspiration4 memang merupakan peluncuran kru sipil pertama ke orbit. Misi selama tiga hari ini merupakan bagian dari penggalangan dana untuk St. Jude Children's Research Hospital.

"Inspiration4, atas nama SpaceX, selamat datang di planet Bumi. Misi Anda telah menunjukkan kepada dunia bahwa luar angkasa adalah untuk kita semua, dan orang biasa bisa membuat dampak yang luar biasa," ujar Operations Director di SpaceX Mission Control, Kris Young.

Dimuat Reuters, para astronot kemudian diterbangkan dengan helikopter ke Cape Canaveral untuk bertemu dengan kerabat mereka.

Yang pertama keluar adalah Hayely Arceneaux (29 tahun), seorang asisten dokter di St. Jude Children's Research Hospital. Ia adalah seorang penyintas kanker tulang masa kanak-kanak yang menjadi orang termuda yang pernah mencapai orbit Bumi pada misi Inspiration4.

Secara berurutan ada geoscientist dan mantan kandidat astronot NASA Sian Proctor (51 tahun), kemudian veteran Angkatan Udara Chris Sembroski (42 tahun), dan miliarder sebagai komandan misi Jared Isaacman (38 tahun).

ARTIKEL LAINNYA