Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Korea Utara Siap Ambil Tindakan Tegas jika Pakta AUKUS Ancam Keamanan Pyongyang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 20 September 2021, 15:10 WIB
Korea Utara Siap Ambil Tindakan Tegas jika Pakta AUKUS Ancam Keamanan Pyongyang
Kapal selam Virginia USS Missouri (SSN 780) berangkat dari Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam/Net
rmol news logo Munculnya kemitraan tiga negara; Australia, Inggris dan Amerika Serikat, dalam Pakta AUKUS ikut dikecam pemerintah Korea Utara (Korut).
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seorang pejabat senior di Kementrian Luar Negeri Korut mengatakan, keputusan Washington untuk membantu membangun kapal selam bertenaga nuklir untuk Australia telah mengikis norma dan ketertiban internasional yang diterima secara universal, dan secara serius mengancam perdamaian dan stabilitas dunia.

"Ini adalah tindakan yang sangat tidak diinginkan dan berbahaya," kata kepala Bagian Berita Asing Departemen Pers dan Informasi Kementerian Luar Negeri Korut, dalam pernyataannya yang dimuat Korean Central News Agency,  Senin (20/9).

"Ini akan mengganggu keseimbangan strategis di kawasan Asia-Pasifik dan memicu rantai perlombaan senjata nuklir," lanjutnya.

Ia menambahkan bahwa Korea Utara tidak akan segan-segan mengambil tindakan balasan yang sesuai jika hal itu berdampak buruk pada keamanan negara.

Pernyataan Korut datang setelah AS pada pekan lalu mengumumkan Pakta AUKUS sebagai bagian dari kemitraan strategis di mana kapal selam nuklir AS akan dipasok ke Canberra.  

"Ini menunjukkan bahwa AS adalah pelaku utama yang menggulingkan sistem non-proliferasi nuklir internasional," ujar pejabat itu. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA