Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakta AUKUS Merusak Kepercayaan Aliansi Barat, Prancis akan Keluar dari NATO?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 21 September 2021, 09:31 WIB
Pakta AUKUS Merusak Kepercayaan Aliansi Barat, Prancis akan Keluar dari NATO?
Presiden Prancis Emmanuel Macron/Net
rmol news logo Keputusan Australia yang didukung oleh Amerika Serikat (AS) dan Inggris untuk membatalkan kontrak 40 miliar dolar AS untuk 12 kapal selam dengan Prancis akan merusak aliansi Barat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut seorang diplomat veteran yang pernah menjabat sebagai Dutabesar Inggris untuk Prancis dan NATO, Peter Ricketts, pakta AUKUS bisa mendorong Paris dan Eropa secara keseluruhan mencari sumber keamanan alternatif.

"Saya pikir langkah ini tentu saja merusak kepercayaan Prancis pada NATO dan sekutu NATO, dan karena itu memperkuat perasaan mereka bahwa mereka harus mendorong otonomi strategis Eropa," ujar Ricketts kepada AFP, Senin (20/9).

Ricketts menyebut, pertengkaran akibat AUKUS akan mirip dengan keretakan hubungan antara Prancis dan AS yang terjadi setelah invasi Washington ke Irak pada 2003. Untuk itu, ia menekankan pentingnya perbaikan segera.

"Saya pikir itu akan terjadi, cenderung memperkuat perasaan di antara orang Eropa bahwa Amerika sekarang menjadi sekutu yang kurang dapat diandalkan daripada sebelumnya," tambahnya.

Sejumlah toko oposisi senior di Prancis, seperti Xavier Bertrand dan Jean-Luc Melenchon, saat ini bahkan mendorong Paris untuk mempertimbangkan menarik diri dari NATO sebagai tanggapan atas pakta AUKUS yang mereka sebut sebagai penghinaan.

“Jika jawabannya tidak memuaskan kami, saya ingin mengajukan pertanyaan tentang partisipasi Prancis dalam komando terpadu NATO,” kata Betrand yang seorang mantan menteri.

Tetapi Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian telah meyakinkan bahwa keanggotaan negaranya dalam aliansi Barat tidak sedang diperdebatkan pada saat ini, tetapi berjanji bahwa KTT NATO berikutnya di Madrid akan mengerjakan konsep strategis baru untuk aliansi tersebut. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA