Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bangkok Harus Penuhi Tiga Faktor Kunci sebagai Syarat untuk Buka Kembali Pintu Pariwisata

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 21 September 2021, 13:08 WIB
Bangkok Harus Penuhi Tiga Faktor Kunci sebagai  Syarat untuk Buka Kembali Pintu Pariwisata
Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang/Net
Setidaknya ada tiga faktor kunci yang harus dipenuhi Kota Bangkok jika mau membuka kembali bisnis pariwisatanya bagi para pelancong asing.

Demikian diungkapkan Gubernur Bangkok Aswin Kwanmuang ketika menyampaikan rencana pembukaan kembali kota pada November mendatang, senin (20/9) waktu setempat.

Faktor pertama, kata Aswin, adalah bahwa 70 persen penduduk penduduk kota harus sudah mendapat dua dosis vaksin, dan target seperti itu diperkirakan akan tercapai sekitar 22 Oktober mendatang.

“Faktor kedua agar pembukaan kembali dilanjutkan adalah jika beban kasus harian terus turun dan pasien Covid-19 di rumah sakit semakin sedikit,” katanya, seperti dikutip dari Bangkok Post, selasa (21/9).

Dalam beberapa hari terakhir, ada 2.700-2.800 infeksi harian telah dilaporkan di Bangkok.

“Kriteria terakhir adalah lebih sedikit orang dengan Covid-19 di rumah sakit”, katanya.

Gubernur mengatakan jika ketika target tercapai, Balai Kota akan berdiskusi dengan Kementerian Kesehatan Masyarakat dan Kementerian Pariwisata dan Olahraga untuk menetapkan pedoman pembukaan kembali pariwisata sebelum menyampaikannya ke Center for Covid-19 Situation Administration (CCSA).

Dalam kesempatan berbeda, asisten juru bicara CCSA Apisamai Srirungson mengatakan saat ini baru 42 persen dari 7 juta penduduk Bangkok yang telah divaksin lengkap.

"Keselamatan masyarakat didahulukan dalam rencana pembukaan kembali,”kata Apisamai dalam konferensi pers harian tentang situasi virus corona.

Pada Senin, Thailand mencatat 12.709 kasus baru Covid-19 dan 106 kematian lagi selama 24 jam sebelumnya, menurut Kementerian Kesehatan Masyarakat.

Bangkok memimpin infeksi baru dengan 2.831 kasus, diikuti oleh 942 di Samut Prakan dan 532 di Chon Buri. Transmisi domestik baru terus menurun sejak 14.546 diumumkan pada Jumat (17/9) menjadi 12.698 pada Senin. Infeksi di Bangkok juga turun - sedikit - dari 2.911 menjadi 2.831.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA