Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Tuduh Pemilu Parlemen Rusia Curang, AS Kena Sekak Balik dari Moskow

LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 21 September 2021, 16:02 WIB
Tuduh Pemilu Parlemen Rusia Curang, AS Kena Sekak Balik dari Moskow
Orang-orang memberikan suara pada hari terakhir pemilihan parlemen dan lokal selama tiga hari di Rusia/Net.
Rusia menekankan pemilu parlemen pada 17-19 September berjalan secara transparan dan sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Kedutaan Besar Rusia di Amerika Serikat menepis pernyataan AS yang menyebut bahwa ada banyak kecurangan selama proses pemilu tersebut.

"Kami telah mencatat tuduhan tak berdasar dari Departemen Luar Negeri AS. Mereka melemparkan tuduhan 'tidak bebas dan tidak transparan' pada pemilu Duma Negara yang berlangsung pada 17-19 September," kata kedutaan itu, seperti dikutip dari TASS. 

Kedutaan mengatakan, pemilu yang terjadi di Rusia adalah sesuai dengan kehendak rakyat dan berlangsung  sesuai dengan ketentuan perundang-undangan domestik dan norma-norma hukum internasional.

Kedutaan tidak menerima setiap klaim yang bertentangan, dan tidak ada yang bisa mempengaruhi hasil kampanye pemilihan.

Sebaliknya, Kedutaan meminta penjelasan secara rinci dari AS mengenai laporan adanya serangan cyber dari wilayah Amerika selama pemilihan parlemen di Rusia.

Komisi Pemilihan Umum Rusia menghadapi jumlah serangan siber yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dari sejumlah serangan, 50 persen di antaranya terdeteksi dilakukan tepat dari Amerika Serikat.

"Tujuan dari peretasan ini adalah untuk mendiskreditkan sistem pemilihan kami. Kami ingin menerima penjelasan rinci tentang kasus ini dari pihak Amerika," kata kedutaan.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA