Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sadar Prancis Marah, PM Morrison Enggan Bertemu Emmanuel Macron

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 21 September 2021, 16:14 WIB
Sadar Prancis Marah, PM Morrison Enggan Bertemu Emmanuel Macron
Perdana Menteri Australia Scott Morrison/Net
rmol news logo Berbeda dengan Presiden AS Joe Biden yang telah berusaha berbicara dengan Presiden Emmanuel Macron untuk meredakan kemarahan Paris, Perdana Menteri Australia Scott Morrison justru mengatakan bahwa ia tidak akan mengadakan pertemuan bilateral semacam itu di saat-saat ini.

Hal itu disampaikan Morrison kepada wartawan di sela-sela Sidang Umum PBB yang sedang berlangsung di New York, AS.

“Tidak ada kesempatan untuk itu saat ini. Saya yakin kesempatan itu akan datang pada waktunya,” kata Morrison, ketika ditanya apakah dia akan berbicara dengan Macron terkait pembatalan kontrak pertahanan baru-baru ini yang melibatkan Australia dan Inggris, seperti dikutip dari AFP, Selasa (21/9).

Menurut rencana, Morrison akan bertemu Biden dan para pemimpin Eropa di sela-sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa di New York sebelum melakukan perjalanan ke Washington untuk pertemuan dialog keamanan segiempat (Quad), yang terdiri dari India, Jepang, Amerika Serikat, dan Australia - yang diadakan akhir pekan ini.

Pekan lalu, Australia membatalkan kesepakatan dengan Grup Angkatan Laut Prancis untuk membangun armada kapal selam konvensional dan sebaliknya akan membangun setidaknya delapan kapal selam bertenaga nuklir dengan teknologi AS dan Inggris setelah mencapai kemitraan keamanan trilateral dengan kedua negara tersebut.

Pembatalan kesepakatan itu telah membuat marah Prancis yang menuduh Australia dan Amerika Serikat menikamnya dari belakang. Sebagai tanggapan, Paris menarik duta besarnya dari Canberra dan Washington. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA