Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Taiwan Siap Inokulasi Warga 12-17 Tahun dengan Vaksin Pfizer, Ingatkan Peserta Hindari Olahraga Berat Selama Dua Pekan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 21 September 2021, 17:40 WIB
Taiwan Siap Inokulasi Warga 12-17 Tahun dengan Vaksin Pfizer, Ingatkan Peserta Hindari Olahraga Berat Selama Dua Pekan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Otoritas kesehatan Taiwan akan mulai memberikan vaksin Covid-19 Pfizer kepada orang-orang berusia 12 hingga 17 tahun termasuk siswa sekolah menengah pada Rabu (22/9) waktu setempat.

Merujuk pada pelaksanaan vaksinasi tersebut, Pusat Komando Epidemi Pusat (CECC) telah menyarankan agar para peserta vaksin menghindari olahraga berat selama dua minggu setelah inokulasi.

Hal itu senada dengan pernyataan Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Chen Shih-chung, yang mengepalai pusat tersebut pada Minggu (19/9).

"Penerima harus memperhatikan gejala miokarditis dan perikarditis - peradangan otot jantung dan lapisan luar jantung masing-masing - dalam 28 hari setelah vaksinasi Pfizer," kata Chen, seperti dikutip dari Asahi, Selasa (21/9).

"Gejalanya termasuk rasa sakit, tekanan atau sesak di dada, sesak napas, perasaan jantung berdebar kencang, berdebar, atau pingsan dan toleransi yang lebih rendah untuk berolahraga," lanjutnya.

Chen mengatakan orang yang mengalami gejala seperti itu harus mencari pertolongan medis segera dan memberi tahu dokter ketika mereka divaksinasi.

Kekhawatiran atas efek samping vaksin mRNA Covid-19, seperti vaksin Pfizer, muncul setelah adanya laporan yang mengatakan bahwa beberapa orang dewasa muda mengalami masalah jantung setelah mendapatkan suntikan.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS mengatakan bulan lalu bahwa risiko miokarditis adalah 18,5 kasus per 1 juta dosis kedua vaksin BNT pada orang berusia 18 hingga 24 tahun, yang dianggap sebagai kelompok yang paling berisiko.

Vaksin Pfizer masih menjadi satu-satunya vaksin Covid-19 yang ditunjukkan oleh uji coba fase 3 yang efektif dan aman untuk peserta berusia 12 tahun dan telah diizinkan di Taiwan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA