Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Idlib Suriah Diwarnai Kengerian Karena Kasus Covid yang Melonjak Tinggi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 22 September 2021, 14:54 WIB
Idlib Suriah Diwarnai Kengerian Karena Kasus Covid yang Melonjak Tinggi
Petugas bantuan kemanusiaan mengukur suhu tubuh seorang warga di kota Kafr Takharim, provinsi Idlib, Suriah/Net
Kasus virus corona dilaporkan melonjak ke tingkat pandemi terburuk di Idlib Suriah, menurut laporan AFP. 

Akses ke fasilitas kesehatan demikian sulit. Selama satu dekade perang, sejumlah rumah sakit telah dibom dan para dokter dan perawat berbondong-bondong melarikan diri. Saat ini Idlib mengalamki krisis kesehatan yang paloing parah.
Kasus telah berlipat ganda menjadi lebih dari 61.000 sejak awal Agustus. Pihak berwenang di provinsi tersebut melaporkan 34 kematian, yang diyakini sebagai jumlah yang signifikan dalam 24 jam.

Situasi menjadi sangat mengerikan di provinsi barat laut. Petugas penyelamat yang dikenal sebagai White Helmets yang selama ini membantu mengevakuasi korban bom dari puing-puing reruntuhan kini kebanyakan mengangkut pasien virus corona ke rumah sakit atau orang mati karena Covid ke pemakaman.

"Apa yang terjadi adalah bencana medis," kata Sindikat Dokter Idlib minggu ini saat mengeluarkan permohonan dukungan dari kelompok bantuan internasional.

Idlib menghadapi semua tantangan yang juga dihadapi dunia selama pandemi: ruang perawatan yang penuh, kekurangan oksigen dan tes Covid yang minim, serta peluncuran vaksinasi lambat.

Sebagian besar wilayah Idlib dan provinsi tetangga Aleppo tetap berada di tangan oposisi bersenjata Suriah, yang didominasi oleh kelompok-kelompok radikal termasuk militan yang berafiliasi dengan al-Qaida. Oposisi juga berjuang keras untuk menanggapi wabah tersebut.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA