Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gandeng KJRI New York, BP2MI Sosialisasi Kebijakan Penempatan dan Perlindungan PMI

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 22 September 2021, 15:21 WIB
Gandeng KJRI New York, BP2MI Sosialisasi Kebijakan Penempatan dan Perlindungan PMI
Sosialisasi kebijakan penempatan dan perlindungan PMI oleh KJRI New York dan BP2MI/Ist
rmol news logo Sosialisasi mengenai kebijakan penempatan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) di luar negeri penting untuk dilakukan oleh berbagai pihak.

Konsulat Jenderal RI (KJRI) di New York bekerjasama dengan Badan Perlindungan PMI (BP2MI) telah menggelar sosialisasi pada Senin (20/9).

Sosialisasi dihadiri oleh perwakilan organisasi masyarakat Indonesia, seperti Maesa (Minahasa), Parsadaan Bangso Batak (PBB), Pasundan, Cakra, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS), Komunitas Ambon, DWP KJRI New York, Permias NYC dan lain sebagainya.

Acara dilaksanakan dengan mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, termasuk membatasi jumlah undangan berdasarkan aturan otoritas New York.

Meski begitu, acara juga diikuti oleh mereka yang hadir dari luar kota New York secara virtual.

"BP2MI bersama KJRI New York mencoba melakukan pendekatan dengan berbagai stakeholders di AS, khususnya dengan potential users dan lembaga sertifikasi untuk dapat melakukan kerjasama baik dengan dukungan pemerintah, universitas maupun B to B dalam hal pengembangan akses penempatan pekerja migran Indonesia di pasar Amerika Serikat khususnya di wilayah kerja KJRI New York," ujar Konjen RI Arifi Saiman dalam sambutannya, seperti dalam keterangan yang diterima redaksi.

Sementara itu, Kepala BP2MI Benny Rhamdani menyampaikan sambutan melalui video. Ia mengatakan, sebagai pahlawan devisa negara, PMI telah banyak berjasa.

"Karena itu, pemerintah bekerja sama dengan para pemangku kepentingan terkait harus dapat memberikan perlakuan layak kepada PMI sebagai warga negara utama," tambahnya.

Denny mengatakan, BP2MI juga giat melakukan terobosan untuk terus memperoleh pasar tenaga kerja baru, utamanya di AS sehingga diharapkan memperoleh akses global.

Dalam kesempatan tersebut, Deputi Penempatan dan Perlindungan Kawasan Amerika dan Pasifik, Lasro Simbolon, memaparkan arti penting sinergitas untuk memberikan pelayanan yang terbaik
dengan seluruh unsur.

Lasro juga memberikan penjelasan mengenai kebijakan penempatan dan perlindungan PMI di luar negeri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA