Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Usai Foto Makan Pizza di New York dengan Masker di Dagu Viral, Menteri Kesehatan Brasil Dinyatakan Positif Covid-19

LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Rabu, 22 September 2021, 23:42 WIB
Covid-19 masih menjadi ancaman nyata yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pekan ini, Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga dinyatakan positif Covid-19 setelah menghadiri Majelis Umum PBB (UNGA) di New York, mendampingi Presiden Brasil Jair Bolsonaro. Pada perhelatan akbar tahunan PBB itu, Bolsonaro adalah pemimpin dunia pertama yang menyampaikan pidatonya.

Namun baru sehari berselang, pemerintah Brasil pada Selasa (21/9) mengumumkan bahwa Queiroga dinyatakan positif terinfeksi Covid-19. Dia adalah anggota kedua dari rombongan Bolsonaro yang dites positif terkena virus tersebut sejak tiba di New York untuk menghadiri sesi ke-76 dari pertemuan tahunan PBB itu.

Pada kesempatan di PBB itu, Queiroga bersama Bolsonaro hadir di beberapa acara, termasuk pertemuan dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson pada hari Senin (20/9).

“Anggota delegasi lainnya telah diuji dan negatif,” begitu bunyi siaran pers resmi pemerintah Brasil, sebagaimana dimuat Al Jazeera.

Meski begitu, Queiroga dinyatakan berada dalam kondisi baik dan tanpa gejala.

Brasil memang merupakan negara yang menjadi sorotan tersendiri di tengah pandemi Covid-19, terutama karena sosok pemimpinnya, yakni Presiden Bolsonaro yang kontroversial dalam menyikapi pandemi.

Meski sempat terkena Covid-19, Bolsonaro memilih untuk tidak divaksin Covid-19. Jelang kehadirannya di Majelis Umum PBB ke-76 itu, Bolsonaro bersikukuh bahwa dia masih memiliki antibodi dari infeksi virus corona sebelumnya. Dia pun menolak seruan agar pejabat PBB meminta bukti vaksinasi untuk menghadiri acara tersebut secara langsung.

PBB pun kemudian mengumumkan akan menggunakan "sistem kehormatan" untuk vaksinasi, dan tidak akan melarang mereka yang tidak divaksinasi untuk hadir secara tatap muka di sesi tersebut.

Saat berada di negeri Paman Sam, Bolsonaro juga membuat kehebohan dengan beredarnya foto di media sosial akhir pekan kemarin yang menunjukkan dia makan sepotong pizza di jalan New York yang dikelilingi oleh beberapa menteri.

Di antara mereka, hanya Menteri Kesehatan Brasil Marcelo Queiroga yang mengenakan masker, meski dia menariknya ke bawah dagu.

ARTIKEL LAINNYA