Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal AUKUS Joe Biden Akui Seharusnya Washington Berkonsultasi Lebih Dulu dengan Paris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 September 2021, 08:29 WIB
Soal AUKUS Joe Biden Akui  Seharusnya Washington Berkonsultasi Lebih Dulu dengan Paris
Joe Biden dan Emmanuel Macron berfoto pada KTT G7 di Carbis Bay, Inggris, Juni 2021/Net
rmol news logo Amerika serikat dan Prancis duduk bersama dalam panggilan telepon pada Rabu (22/9). Kedua pemimpin negara membahas sejumlah topik yang pembukaannya diawali dengan masalah mengenai AUKUS.

Presiden Joe Biden akhirnya mengakui, seharusnya Washington berkonsultasi lebih dulu dengan Paris mengenai pakta keamanan Indo-Pasifik yang membuat marah Prancis.

Dalam panggilan telepon itu, Biden nampak berupaya menenangkan hati Presiden Emmanuel Macron dan Prancis, dengan mengiming-imingi akan mendukung keterlibatan Prancis dan Eropa di Indo-Pasifik dan mendukung kemampuan pertahanan Eropa yang lebih besar

Joe Biden berencana akan melakukan pertemuan berikutnya dengan Macron pada bulan depan terkait dukungan tersebut.

Menanggapi upaya Biden yang menenangkan hatinya, Macron pun setuju duta besar Prancis untuk AS kembali ke Washington minggu depan setelah sempat ditarik pulang.

Prancis nampak sedikit bernapas lega, percakapan dengan pemimpin AS itu jelas menandakan bahwa AS telah mengakui kesalahannya, dan seharusnya tidak 'meninggalkan' Prancis.

Seperti dilaporkan AFP, percakapan antara kedua presiden terjadi seminggu setelah Australia mengumumkan menarik diri dari kesepakatan pasokan kapal selam multi-miliar dolar dengan Prancis karena telah membentuk pakta keamanan dan berbagi teknologi baru dengan Amerika Serikat dan Inggris, hal yang kemudian membuat Prancis berang karena merasa dirugikan.

Dengan percakapan kedua pemimpin itu, Prancis pun menyambut niat baik AS. Namun tidak ada perincian lebih lanjut apakah niat baik itu benar-benar diperlihatkan lewat tindakan seperti program dan kesepakatan baru atau kompensasi keuangan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA