Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dunia Harus Bantu Afghanistan Tangani Covid-19, Keselamatan Rakyat Prioritas Utama

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 23 September 2021, 09:41 WIB
Dunia Harus Bantu Afghanistan Tangani Covid-19, Keselamatan Rakyat Prioritas Utama
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
rmol news logo   Krisis kemanusiaan yang terjadi di Afghanistan perlu menjadi perhatian dunia. Keselamatan dan kesejahteraan rakyat Afghanistan merupakan prioritas utama dunia.

Begitu yang disampaikan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ketika melakukan pertemuan dengan para menlu G-20 di sela-sela Sidang Majelis Umum PBB ke-76 di New York, Amerika Serikat.

"Pada pertemuan ini, saya sampaikan kekhawatiran bahwa kemajuan yang selama ini telah dicapai di Afghanistan dapat mengalami kemunduran, termasuk di bidang pembangunan dan pemberdayaan perempuan," kata Retno dalam konferensi pers virtual pada Kamis pagi (23/9) waktu Indonesia.

Untuk itu, ia menekankan, masyarakat internasional harus bersatu menyampaikan harapan yang sama, termasuk terbentuknya pemerintahan yang inklusif di Afghanistan, penghomatan HAM dan hak-hak perempuan, serta memastikan agar wilayah Afghanistan tidak dijadikan sarang terorisme.

"Pentingnya Taliban memenuhi semua janji-janji yang telah disampaikan. Diperlukan langkah nyata untuk memenuhi janji tersebut," lanjut dia.

Dalam hal krisis kemanusiaan, khususnya selama pandemi Covid-19 Retno juga mendorong dunia internasional untuk membantu rakyat Afghanistan, seperti mempercepat vaksinasi melalui mekanime berbagi dosis dan memenuhi kebutuhan dasar rakyat di sana.

Semua bantuan internasional harus menargetkan rakyat Afghanistan yang membutuhkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA