Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

AS Sambut Baik Janji Xi Jinping Mengakhiri Pendanaan Proyek Pembangkit Listrik Batu Bara di Luar Negeri

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 September 2021, 10:12 WIB
AS Sambut Baik Janji Xi Jinping Mengakhiri Pendanaan Proyek Pembangkit Listrik Batu Bara di Luar Negeri
Pembangkit batubara China yang ada di Serang Indonesia/Net
Janji China untuk mengakhiri pendanaan untuk membangun proyek-proyek pembangkit listrik tenaga batu bara di luar negeri mendapat sambutan positif dari pemerintah Amerika Serikat.

Hal itu disampaikan seorang pejabat AS kepada wartawan di sela Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Rabu (22/9) waktu setempat, menanggapi pernyataan sebelumnya dari Presiden Xi Jinping mengatakan pada Selasa bahwa China akan berhenti mendukung batubara di luar negeri, setelah pengumuman serupa oleh Korea Selatan dan Jepang.

Pejabat yang tidak disebutkan namanya itu juga mengharapkan agar China - penghasil emisi terbesar di dunia - juga akan berbuat lebih banyak di dalam negeri tentang perubahan iklim.

“Kami menyambut baik pengumuman ini tetapi kami juga menyadari bahwa masih banyak yang harus dilakukan," kata pejabat itu, seperti dikutip dari AFP, Kamis (23/9).

“Kami berharap dapat mendengar lebih banyak tentang langkah-langkah tambahan yang dapat mereka ambil dalam dekade yang menentukan ini untuk lebih mengurangi emisi nasional mereka,” lanjutnya.

Pejabat itu mengatakan bahwa tindakan China lebih lanjut akan membantu menempatkan dunia lebih dekat pada lintasan yang akan menahan suhu naik hingga jauh di atas 1,5 derajat, seperti yang tampaknya semakin mungkin terjadi meskipun ada aspirasi yang ditetapkan oleh kesepakatan Paris 2015.

Ilmuwan PBB mengatakan bahwa pemanasan 1,5 derajat Celcius (2,7 Fahrenheit) di atas tingkat pra-industri adalah ambang batas di mana planet ini dapat menghindari kerusakan terburuk dari perubahan iklim termasuk cuaca yang semakin parah, kekeringan dan banjir.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA