Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Menlu Faisal Mekdad: Turki Harus Akhiri Pendudukannya di Suriah

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 23 September 2021, 10:51 WIB
Menlu Faisal Mekdad: Turki Harus Akhiri Pendudukannya di Suriah
Pasukan Turki di Suriah/Net
Kehadiran Turki di Suriah tidak lain merupakan pendudukan. Untuk itu Ankara harus segera menarik pasukannya dari Suriah.

Begitu yang dikatakan oleh Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad pada Rabu (22/9). Ia mengatakan, pasukan Turki perlu meninggalkan wilayah yang disengketakan.

"Alasan utama (eskalasi di wilayah Idlib) ini adalah pendudukan Turki dan dukungan yang diberikan oleh Turki kepada kelompok-kelompok teroris di sana,” kata Mekdad, seperti dikutip Sputnik.

"Turki harus segera mundur dan masyarakat internasional harus mendukung upaya Suriah dalam pembebasan wilayah pendudukan di utara negara itu," tambahnya.

Baru-baru ini Turki telah mengerahkan pasukan tambahan ke Suriah bagian barat laut. Pekan depan, para pejabat Turki, Rusia, dan Iran juga akan bertemu untuk membahas situasi di Suriah.

Turki telah mempertahankan kehadirannya di Suriah selama beberapa waktu, dengan posisi kombatan sebagian besar statis selama lebih dari setahun setelah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden Rusia Vladimir Putin melakukan gencatan senjata antara pasukan Turki dan Suriah.

Baru-baru ini, Putin mengomentari jejak pasukan asing yang terus berlanjut di Suriah sebagai masalah utama dalam perkembangan yang sedang berlangsung.

ARTIKEL LAINNYA