Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Biksu Thailand Menarik 'Gerobak Sayur' Bantu Masyarakat Miskin yang Terdampak Pandemi

LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 23 September 2021, 12:33 WIB
Banyak orang yang berupaya memberikan perhatiannya untuk membantu mereka yang kesulitan karena dampak pandemi Covid-19. Sekelompok Biksu Thailand misalnya, mereka mengubah truk menjadi gerobak sayur keliling dan digunakannya untuk berkeliling menyumbangkan makanan kepada warga sekitar.

Dengan dibantu beberapa sukarelawan Thailand, para biksu yang mengenakan APD ini  menarik gerobak sayur melalui jalan bergelombang ke desa-desa di pinggiran Bangkok.

"Kelontong ada di sini, kelontong ada di sini!" seru seorang biksu melalui sistem pengeras suara.

Misi mereka adalah menyumbangkan makanan dan kebutuhan lainnya kepada orang-orang rentan yang mata pencahariannya sangat terpukul oleh pandemi.

Ide berbagi itu muncul dari Biksu Pornchai Kabmalee, 28 tahun. Beberapa bulan lalu saat ia membagikan tes antigen virus corona di sekitar wilayah Wat Siriphong Thamma Nimit, dia melihat banyak orang yang menganggur dan tidak mampu memberi makan keluarga mereka.

Truk sayur yang ia buat ini berisi kebutuhan sehari-hari. Kabmalee mengatakan, trusknya sudah seperti supermarket karena begitu lengkap.

"Saya merasa takut (dengan virus) sama seperti manusia lainnya, tetapi bagi saya, saya lebih takut tidak bisa membantu orang lain," ungkapknya, seperti dikutip dari AFP, Rabu (22/9).

Truk para biarawan menembus jalan-jalan desa setiap hari Minggu. Mereka menyediakan apa yang dibutuhkan masyarakat dan juga menampung siapa saja yang bersedia ikut serta dalam program bantuannya itu.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA