Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Bos Moderna Prediksi Pandemi Covid-19 akan Berakhir dalam Setahun

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 23 September 2021, 15:36 WIB
Bos Moderna Prediksi Pandemi Covid-19 akan Berakhir dalam Setahun
Pasien Covid-19/Net
Pandemi Covid-19 kemungkinan bisa berakhir dalam setahun jika terjadi peningkatan produksi vaksin untuk pasokan global.

Begitu perkiraan dari kepala eksekutif Moderna, Stephane Bancel dalam sebuah wawancara dengan surat kabar Swiss, Neue Zuercher Zeitung, seperti dikutip Channel News Asia, Kamis (23/9).

"Jika Anda melihat perluasan kapasitas produksi di seluruh industri selama enam bulan terakhir, dosis yang cukup harus tersedia pada pertengahan tahun depan sehingga semua orang di Bumi ini dapat divaksinasi. Booster juga harus dimungkinkan sejauh yang diperlukan," jelasnya.

Bancel mengatakan, pihaknya juga akan segera meliris vaksin Covid-19 untuk bati,

"Mereka yang tidak divaksinasi akan mengimunisasi diri mereka sendiri secara alami, karena varian Delta sangat menular. Dengan cara ini kita akan berakhir dalam situasi yang mirip dengan flu. Anda dapat divaksinasi dan memiliki musim dingin yang baik. Atau Anda jangan lakukan itu dan berisiko sakit dan bahkan mungkin berakhir di rumah sakit," tambah dia.

Ketika ditanya kapan pandemi Covid-19 akan selesai dan kehidupan kembali normal, Bancel menjawab, "Mulai hari ini, dalam setahun, saya berasumsi."

Bancel mengatakan bahwa dia mengharapkan pemerintah untuk menyetujui suntikan booster untuk orang yang sudah divaksinasi karena pasien berisiko.

Ia mengatakan suntikan booster hanya menggunakan setengah dosis dari dosis aslinya, yang berarti lebih banyak vaksin yang tersedia.

"Volume vaksin adalah faktor pembatas terbesar. Dengan setengah dosis, kita akan memiliki 3 miliar dosis yang tersedia di seluruh dunia untuk tahun mendatang, bukan hanya 2 miliar," terangnya.

Bancel juga menyebut Moderna sedang menguji vaksin yang akan berfungsi lebih optimal untuk varian Delta. Vaksin itu akan menjadi booster untuk tahun depan.

ARTIKEL LAINNYA