Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Denmark, Norwegia dan Swedia Buat Aliansi Militer, Rusia Jadi Target Khusus

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 September 2021, 15:51 WIB
Denmark, Norwegia dan Swedia Buat Aliansi Militer, Rusia Jadi Target Khusus
Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Tiga negara Skandinavia sekaligus anggota NATO dilaporkan membuat perjanjian pertahanan untuk meningkatkan kapasitas bersama dalam menghadapi Rusia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Mereka adalah Swedia, Denmark, dan Norwegia. Ketiganya akan menandatangani perjanjian kerjasama operasi militer pada Jumat (23/9). Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan militer melalui latihan bersama.

Menurut ketiganya, situasi keamanan di Selat Oresund dan wilayah Laut Utara telah memburuk. Untuk itu, kemampuan menghadapi ancaman dan pelanggaran secara bersama-sama perlu ditingkatkan.

Menteri Pertahanan Norwegia Frank Bakke-Jensen menyarankan agar perjanjian itu membuat gambaran keamanan lebih aman, sebagai pelengkap NATO.

"Ini menghalangi dan memiliki efek keamanan yang signifikan," ujar Bakke-Jensen kepada saluran televisi Norwegia, TV2.

Sebaliknya, Menteri Pertahanan Denmark Trine Bramsen berpendapat bahwa perjanjian itu tidak secara signifikan mengubah situasi keamanan negara itu.

"NATO lah yang menjadi jaminan kami jika kami tiba-tiba diserang. Tapi itu tidak mengubah fakta bahwa selalu baik ketika tetangga datang untuk menyelamatkan. Bantuan dari tetangga juga merupakan hal yang sangat penting dalam konteks militer," jelasnya.

Menteri Pertahanan Swedia Peter Hultqvist menekankan pentingnya memperluas kerjasama militer dengan negara lain, dengan meningkatnya risiko terorisme internasional dan dunia yang lebih bermasalah.

Hultqvist secara khusus menyebutkan nama Rusia sebagai musuh yang dimaksud. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA