Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Vaksinasi Gagal Capai Target, Vietnam Tunda Pembukaan Pulau Resor Wisata

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 September 2021, 16:17 WIB
Vaksinasi Gagal Capai Target, Vietnam Tunda Pembukaan Pulau Resor Wisata
Pulau resor Phu Quoc di Vietnam/Net
Vietnam terpaksa harus menunda pembukaan pariwisatanya karena gagal memenuhi target vaksinasi Covid-19.

Dikutip dari Reuters, pihak berwenang Vietnam awalnya berencana untuk mengizinkan turis asing yang telah divaksinasi berlibur ke pulau resor Phu Quoc mulai Oktober. Tetapi rencana itu harus ditunda.

"Kami harus menginokulasi penduduk di sini untuk kekebalan kawanan tetapi persediaan vaksin berkurang," ujar Ketua Komite Kota Phu Quoc, Huynh Quang Hung.

Pihak berwenang mengatakan Phu Quoc akan membuka kembali secara bertahap selama enam bulan mulai 20 November, dengan hingga tiga penerbangan charter mendarat per minggu.

Pekan lalu, pihak berwenang pulau itu mengatakan diperlukan 250 ribu hingga 300 ribu dosis tambahan untuk mencapai kekebalan kawanan.

Sejauh ini, hanya 2,9 persen penduduk di Provinsi Kien Giang yang menampung Phu Quoc, yang telah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

Secara keseluruhan, hanya 7,3 persen dari total 98 juta penduduk Vietna, yang sudah divaksinasi lengkap.

Turis asing yang datang ke Vietnam merosot dari 18 juta pada 2019, menjadi hanya 2,8 juta pada tahun lalu. Pendapatan sektor pariwisata untuk untuk Vietnam pada 2019 mencapai 31 miliar dolar AS atau hampir 12 persen dari produk domestik bruto.

ARTIKEL LAINNYA