Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Pemilu, Orang Kaya di Jerman Berlomba-lomba Pindahkan Aset ke Swiss

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 24 September 2021, 17:02 WIB
Jelang Pemilu, Orang Kaya di Jerman Berlomba-lomba Pindahkan Aset ke Swiss
Bendera Jerman dan Swiss/Net
rmol news logo Orang-orang kaya di Jerman dibuat khawatir dengan kemungkinan kemenangan tokoh kiri dalam pemilu. Mereka bahkan berbondong-bondong memindahkan aset ke Swiss.

Menurut laporan Reuters pada Jumat (24/9), jika partai Sosial Demokrat (SPD) dari kiri-tengah dan Partai Hijau berkuasa, maka akan ada pengenalan kembali pajak kekayaan dan pengetatan pajak warisan.

"Untuk orang super kaya, ini sangat panas. Keluarga pengusaha sangat khawatir," kata seorang pengusaha pajak berbasis di Jerman.

Banyak negara memiliki aset di bank-bank besar di Swiss, seperti UBA, Credit Suisse, dan Juliur Baer.

Data dari Bank for International Settlements menunjukkan simpanan rumah tangga dan perusahaan Jerman di bank-bank di Swiss naik hampir 5 miliar dolar AS menjadi 37,5 miliar dolar AS pada kuartal pertama 2021, dan ini tidak termasuk saham, obligasi, atau produk keuangan.

"Banyak orang kaya, terutama pengusaha, khawatir akan ada pergerakan ke kiri di Jerman, tidak peduli bagaimana hasil pemilihannya," ujar kepala Eropa di Wealth Manager LGT Swiss, Florian Dürselen

Sebuah jajak pendapat pada Kamis (23/9) menunjukkan SPD memiliki 25 persen dukungan.

Selain mengalihkan asetnya, para pengusaha kaya di Jerman juga banyak berencana pindah ke lokasi dengan pajak rendah, seperti di sepanjang Danau Zurich. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA