Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Justin Trudeau: Kabar Baik, Michael Kovrig dan Michael Spavor Sudah Meninggalkan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 25 September 2021, 12:14 WIB
Justin Trudeau: Kabar Baik, Michael Kovrig dan Michael Spavor Sudah Meninggalkan China
Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau/Net
rmol news logo Dua warga negara Kanada yang ditahan oleh Pemerintah China selama hampir tiga tahun dikabarkan telah meninggalkan negara itu dan akan tiba pada Sabtu pagi (25/9) waktu setempat.

Kabar mengenai kepulangan Michael Kovrig dan Michael Spavor ditangkap pada Desember 2018 itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau pada Jumat (24/9).

“Dua belas menit yang lalu Michael Kovrig dan Michael Spavor meninggalkan wilayah udara China dalam perjalanan pulang,” kata Trudeau kepada wartawan dalam sambutan singkatnya, seperti dikutip dari Reuters.

“Kedua pria ini telah melalui situasi yang sangat sulit, tetapi ini menginspirasi dan merupakan kabar baik bagi kita semua bahwa mereka sedang dalam perjalanan pulang ke keluarga mereka,” ujarnya.

Duo Michael ditangkap tak lama setelah polisi Vancouver menangkap Chief Financial Officer Huawei Technologies, Meng Wanzhou, berdasarkan surat perintah AS. Sesaat sebelum Trudeau berbicara, media Kanada melaporkan bahwa Meng terbang kembali ke China setelah mencapai kesepakatan dengan pihak berwenang AS.

Meskipun Beijing bersikeras bahwa kedua kasus itu tidak terkait, pemerintah Liberal Trudeau menuduh China terlibat dalam diplomasi sandera. Trudeau tidak ditanya apakah kedua negara telah mencapai kesepakatan bilateral.

“Saya ingin berterima kasih kepada sekutu dan mitra kami di seluruh dunia dalam komunitas internasional yang telah berdiri teguh dalam solidaritas dengan Kanada dan dengan dua orang Kanada ini,” katanya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA