Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Bicara dengan Joe Biden, Erdogan Siap Beli Lagi S-400 dari Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 September 2021, 07:19 WIB
Sudah Bicara dengan Joe Biden, Erdogan Siap Beli Lagi S-400 dari Rusia
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan Presiden AS Joe Biden/Net
rmol news logo Ketegangan dengan Amerika Serikat (AS) setelah pembelian sistem pertahanan udara S-400 dari Rusia beberapa tahun lalu tampaknya tidak membuat Turki kapok.

Baru-baru ini, Presiden Recep Tayyip Erdogan mengonfirmasi bahwa Turki akan membeli S-400 Triumf buatan Rusia lainnya, meski sudah mendapatkan peringatan dari Washington.

Bahkan dalam sebuah wawancara dengan CBS News, Erdogan mengaku dia telah menjelaskan segalanya kepada Presiden AS Joe Biden ketika mereka bertemu di sela-sela KTT NATO di Brussels pada Juni lalu.

Erdogan menjelaskan, penolakan AS untuk menjual sitem pertahanan udara Patriot kepada Turki menjadi dorongan bagi Ankara untuk membeli S-400 sebagai gantinya.

"Di masa depan, tidak ada yang akan dapat mengganggu kami dalam pembelian sistem pertahanan seperti apa yang kami peroleh, dari negara mana, pada tingkatan mana. Tidak ada yang dapat mengganggu itu. Kami adalah satu-satunya yang membuat keputusan seperti itu," tegas Erdogan.

Pada 2019, pengiriman batch pertama S-400 Rusia ke Turki telah memicu ketegangan dengan AS. Sejak pembelian dinegosiasikan pada 2017, AS membuat serangkaian peringatan, yang akhirnya mendorong Washington mengeluarkan Ankara dari program pesawat tempur F-35 dan memberikan sanksi kepada entitas yang mengoordinasikan sektor pertahanan Turki.

NATO bersikeras bahwa S-400 tidak sesuai dengan standar aliansi. Mereka menyebut Rusia menggunakan kontrak S-400 dengan Turki untuk mengumpulkan intelijen sensitif pada jaringan pertahanan udara aliansi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA