Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dituding Tidak Netral Soal AUKUS, Menhan Malaysia: Kami Hanya Ingin Tahu Pandangan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 September 2021, 11:47 WIB
Dituding Tidak Netral Soal AUKUS, Menhan Malaysia: Kami Hanya Ingin Tahu Pandangan China
Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein/Net
rmol news logo Malaysia hanya ingin melihat sikap China terhadap kesepakatan AUKUS (Australia, Inggris, Amerika Serikat), dan bukan untuk berada di bawah kendali Beijing.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Begitu yang ditegaskan oleh Menteri Pertahanan Malaysia Hishammuddin Hussein ketika langkahnya untuk berhubungan dengan China perihal AUKUS dikritik.

Banyak pihak, terutama oposisi menuding pemerintah berusaha "menerima instruksi" dari China perihal respons menanggapi AUKUS.

Tetapi Hishammuddin menekankan, tidak salah bagi Malaysia untuk mencari tahu pandangan dan tanggapan China terhadap isu tersebut.

"Pernyataan (klaim Oposisi) tidak berdasar karena apa yang saya informasikan kepada Dewan Rakyat jauh dari mendapatkan instruksi dari China," katanya kepada wartawan di Kamp Ulu Tiram, Minggu (26/9).

Seperti dikutip The Star, Hishammuddin diminta untuk mengomentari pernyataan baru-baru ini dari oposisi bahwa Malaysia harus tetap netral dan tidak bersandar pada negara adidaya dunia mana pun, terutama terkait masalah Aukus.

Anggota parlemen Sembrong menjelaskan bahwa memiliki hubungan baik dengan China tidak berarti bahwa Malaysia akan mengkompromikan kedaulatan dan pendiriannya.

"Kekuatan yang dimiliki Malaysia adalah bahwa kami dekat dengan dua negara adidaya ini (AS dan China) dan hubungan kami (berdasarkan) saling menghormati antara AS dan China, dan mereka menghormati pendirian kami," ujarnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA