Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Theoneste Bagosora, Dalang Genosida Rwanda Meninggal di Penjara Mali

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 26 September 2021, 12:35 WIB
Theoneste Bagosora, Dalang Genosida Rwanda Meninggal di Penjara Mali
Theoneste Bagosora/Net
rmol news logo Pihak berwenang Mali mengumumkan kematian seorang mantan kolonel tentara Rwanda, yang tengah menjalani hukuman karena menjadi dalang pembantaian 800 ribu orang di negara tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Ia adalah Theoneste Bagosora. Dalang dibalik genosida Rwanda tahun 1994, dan tengah menjalani hukuman 35 tahun penjara usai dinyatakan bersalah oleh Pengadilan Kriminal Internasional untuk Rwanda (ICTR).

Hukumannya telah dikurangi, dari sebelumnya penjara seumur hidup.

Mengutip sumber di administrasi penjara Mali, Reuters pada Minggu (26/9) melaporkan kematian Bagosora.

"Sudah dikonfirmasi. Dia berusia di atas 80 tahun, dia sakit parah, dengan masalah jantung. Dia dirawat di rumah sakit beberapa kali dan menjalani tiga operasi. Dia meninggal hari ini di sebuah klinik," kata sumber itu.

Sumber kedua di Pengadilan Banding Bamako mengkonfirmasi kematian tersebut.

Bagosora merupakan direktur kabinet di kementerian pertahanan, yang mengambil kendali urusan militer dan politik di Rwanda setelah Presiden Juvenal Habyarimana tewas ketika pesawatnya ditembak jatuh pada 1994.

Pengadilan yang berbasis di Tanzania menuduh Bagosora bertanggung jawab atas pasukan dan milisi Interahamwe Hutu yang membunuh sekitar 800 ribu minoritas Tutsi dan Hutu moderat dalam 100 hari.

Kepala penjaga perdamaian PBB ketika itu, Jenderal Kanada Romeo Dallaire, menggambarkan Bagosora sebagai "gembong" di balik pembunuhan dan mengatakan mantan kolonel itu mengancam akan membunuhnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA