Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Partai Progresif Demokratik Taiwan: Reaksi Kuomintang atas Ucapan Selamat Xi Jinping Terlalu Lebay

LAPORAN: RENI ERINA
  • Senin, 27 September 2021, 10:51 WIB
Partai Progresif Demokratik Taiwan: Reaksi Kuomintang atas Ucapan Selamat Xi Jinping Terlalu Lebay
Eric Chu ketua partai KMT yang baru/Net
Reaksi Partai oposisi utama Taiwan, Kuomintang (KMT) yang dianggap berlebihan atas ucapan selamat sekretaris jenderal Partai Komunis China Xi Jinping atas terpilihnya Eric Chu sebagai ketua partai KMT yang baru, mendapat kecaman dari legislator Partai Progresif Demokratik (DPP) Luo Chih-cheng.

Kecaman Luo disampaikannya saat berpidato di acara seminar mengenai keamanan nasional dan situasi di Selat Taiwan, yang berfokus pada perubahan opini publik Taiwan, persaingan partai, dan hubungan lintas selat pada Minggu (26/9).

Luo menunjukkan bahwa Chu sebelumnya telah menyatakan bahwa pesan ucapan selamat dari Xi akan seperti ‘hadiah dari langit’. Dengan dingin, legislator DPP itu mengatakan bahwa dia merasa itu akan lebih seperti ‘kentang panas’, seraya menambahkan bahwa perumpamaan Chu soal ucapan Xi sangat aneh.

Luo merasa aneh bahwa sebuah partai politik mengharapkan pesan dari Xi.

“Baik Partai Republik maupun Demokrat AS tidak menginginkannya. Bagi KMT, kurangnya ucapan selamat dari pemimpin China akan menimbulkan rasa kehilangan, menandakan beberapa masalah yang jelas di dalam partai,” katanya, seperti dikutip dari Taiwan News, Senin (27/9).

“Apakah ia menentang kemerdekaan Taiwan? Jika Anda menentangnya, silakan nyatakan,” kata legislator itu.

Menurut Luo, KMT jelas ingin membingungkan orang, tetapi ini adalah pertanyaan ya atau tidak; bukan pertanyaan terbuka.

Sebelumnya, Chu dalam pernyataan setelah pemilihannya mengatakan ketika menyangkut kebijakan sehubungan dengan China, partainya tidak akan menjadi ‘versi kecil’ dari DPP.

“Kami akan membangun kembali platform pertukaran dan saluran komunikasi lintas Selat Taiwan,” ujarnya, menyiratkan keinginannya membuka komunikasi dengan China.

Pada Minggu (26/9) Xi Jinping mengucapkan selamat kepada Eric Chu karena terpilih sebagai ketua partai KMT.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA