Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luncurkan Proyektil Misterius, Korut di PBB: Kami Punya Hak Membela Diri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 28 September 2021, 08:43 WIB
Luncurkan Proyektil Misterius, Korut di PBB: Kami Punya Hak Membela Diri
Ilustrasi/Net
rmol news logo Korea Utara menembakkan setidaknya satu proyektil miterius ke lepas pantai timurnya pada Selasa pagi (28/9).

Peluncuran dilaporkan oleh Kepala Staf Gabungan Korea Selatan (JCS). Mereka menyebut proyektil itu diluncurkan sekitar pukul 06.40 waktu setempat.

JCS sendiri tidak memberikan rincian mengenai peluncuran tersebut, termasuk jenis proyektil, seberapa jauh ia terbang, atau di mana peluncuran terjadi.

Namun Yonhap menyebut, badan intelijen dari Korea Selatan dan Amerika Serikat (AS) sedang menganalisis rincian peluncuran tersebut.

Peluncuran sendiri terjadi kurang dari satu jam sebelum utusan Korea Utara untuk PBB, Kim Song, berpidato di Majelis Umum PBB ke-76.

Kim mengatakan kepada PBB bahwa Pyongyang memiliki hak yang benar untuk membela diri dan mengembangkan senjata.

“Kami hanya membangun pertahanan nasional kami untuk membela diri dan menjaga keamanan dan perdamaian negara dengan andal,” ujarnya.

Kim juga menyoroti AS yang memiliki hampir 30.000 tentara yang ditempatkan di Korea Selatan dan bahwa tidak ada perjanjian formal untuk diakhirinya Perang Korea.

"Jika AS melepaskan permusuhannya, Korea Utara akan menanggapi dengan sukarela kapan saja," kata Kim.

“Tetapi penilaian kami bahwa tidak ada prospek pada tahap saat ini bagi AS untuk benar-benar menarik kebijakan permusuhannya," tambah dia. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA