Asean Korea Coopertion Onwards
ASEAN-KOREA Cooperation Upgrade
Kopi Timur Mobile
Farah.ID
Kopi Timur
Farah.ID

Abaikan Sanki AS, Diam-diam Iran dan Venezueala Jalin Kerja Sama Minyak

LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 29 September 2021, 06:03 WIB
Abaikan Sanki AS, Diam-diam Iran dan Venezueala Jalin Kerja Sama Minyak
Sebuah kapal tanker minyak terlihat di terminal kargo kilang Jose di Venezuela/Net
Meski dihantui ancaman sanksi AS, Iran dan Venezuela dikabarkan diam-diam telah mencapai kesepakatan untuk menukar minyak mentah berat Caracas dengan kondensat Teheran.

Kabar mengenai kontrak kerja sama antara Perusahaan Minyak Nasional Iran (NIOC) dan PDVSA Venezuela itu dilaporkan Reuters, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya yang mengetahui kesepakatan itu.

Menurut sumber-sumber ini, pertukaran akan dimulai minggu ini dan berlangsung selama enam bulan, dan ada kemungkinan ini akan diperpanjang.

Impor minyak mentah superlight Iran akan membantu Venezuela menghidupkan kembali ekspor minyaknya yang jatuh di tengah sanksi AS, yang telah memutus akses negara itu ke minyak ringan yang digunakan untuk dicampur dengan minyak superberatnya agar dapat diekspor.

"Untuk Iran, kesepakatan itu akan membawa minyak mentah berat yang bisa dijual di Asia," kata sumber Reuters itu.

Minyak mentah Venezuela yang diencerkan juga kemungkinan akan dijual ke pembeli Asia.

Reuters juga melaporkan bahwa, menurut Departemen Keuangan AS, kesepakatan itu dapat merupakan pelanggaran sanksi, yang menjadi subjek Venezuela dan Iran.

"Transaksi dengan NIOC oleh orang non-AS umumnya dikenakan sanksi sekunder," kata Departemen Keuangan dalam menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari kesepakatan tersebut.

"Departemen Keuangan tetap berwenang untuk menjatuhkan sanksi pada siapa pun yang bertekad untuk beroperasi di sektor minyak ekonomi Venezuela," lanjutnya.

Venezuela dan Iran yang mendapat sanksi AS sejak tahun lalu memperkuat kerja sama mereka. Kedua perusahaan minyak milik negara mereka dilarang oleh Departemen Keuangan AS dan juga dapat dikenakan sanksi sekunder yang membatasi bisnis dengan perusahaan non-AS.

Iran telah menyediakan makanan, obat-obatan dan bensin ke Venezuela dan peralatan untuk memperbaiki kilang PDVSA yang habis, sementara Venezuela telah membayar perusahaan Iran dengan bahan bakar jet, minyak mentah berat dan komoditas lain yang dihasilkannya.
EDITOR: RENI ERINA

ARTIKEL LAINNYA