Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akan Jadi PM Baru Jepang, Siapa Fumio Kishida?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 29 September 2021, 17:24 WIB
Akan Jadi PM Baru Jepang, Siapa Fumio Kishida?
Pemimpin baru Partai Demokrat Liberal (LDP) sekaligus calon Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida/Net
rmol news logo Fumio Kishida telah memenangkan pemilihan pemimpin Partai Demokrat Liberal (LDP) yang saat ini berkuasa di Jepang. Ia berhasil mengalahkan Menteri Vaksin Taro Kono, mantan Menteri Dalam Negeri Sanae Takaichi, dan Saiko Noda dari sayap liberal partai.

Berdasarkan putaran pemilihan pada Rabu (29/9), Kishida dan Kono berhasil maju, sementara dua kandidat perempuan tersingkir. Dalam pemungutan suara, Kishida berhasil menang tipis, yaitu 256-255 dengan Kono.

Kemenangan Kishida itu akan membawanya menjadi perdana menteri ketiga Jepang, menggantikan Yoshihide Suga.

Siapakah Fumio Kishida?

Kishida merupakan mantan menteri luar negeri yang saat ini berusia 64 tahun. Ia berasal dari keluarga politisi, kakak dan ayahnya adalah anggota Diet atau parlemen Jepang.

Kishida menghabiskan tiga tahun di New York untuk menimba ilmu di sebuah sekolah umum di Queens. Setelah lulus dari Universitas Waseda, ia bekerja di sektor perbankan hingga pada 1993 terjun ke dunia politik, menjadi anggota Diet.

Ia merupakan menteri luar negeri terlama Jepang pascaperang. Kishida memegang jabatan itu dari 2012 hingga 2017, selama pemerintahan PM Shinzo Abe. Kishida membantu mengatur kunjungan bersejarah Presiden AS Barack Obama ke Taman Peringatan Perdamaian Hiroshima pada 2016.

Meskipun mewakili Hiroshima di parlemen, ia membela kebijakan Jepang untuk tetap keluar dari Perjanjian Pelarangan Senjata Nuklir, dengan alasan perlunya mengandalkan pencegahan nuklir yang diperluas dari sekutu Jepang, AS.

Setelah Kono menggantikannya sebagai menteri luar negeri, Kishida sempat menjadi menteri pertahanan, dan kemudian menjabat sebagai kepala kebijakan LDP.

Sebagai pemimpin salah satu faksi kuat LDP, yang berperan penting dalam kemenangannya dalam pemilihan kepemimpinan, Kishida dianggap lebih mampu membangun konsensus daripada Kono yang keras kepala.

Kishida dijadwalkan ditunjuk sebagai perdana menteri Jepang melalui sesi khusus Diet pada 4 Oktober mendatang. Kemudian akan ada pengangkatan resmi oleh Kaisar Naruhiro.

Setelah itu, Kishida akan mengumumkan kabinet barunya, yang diperkirakan akan mempertahankan banyak sosok dari pemerintahan Suga. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA